Lensa Kontak

Info Penanya, pria 23 Tahun

Halo dok, saya mau bertanya. Saya sudah pakai lensa kontak 7 tahun. Pemakaian selama ini selalu mengikuti aturan dasar penggunaan lensa. Cuma minggu lalu mata saya saat bawa motor entah kemasukan debu atau kena angin, akhirnya selalu keluar air mata. Saya coba tahan 2 jam (karena ada meeting), setelahnya saya buka. Setelah itu saya istirahat pakai lensa untuk 3 hari. Tapi ketika saya coba pakai lagi, dengan lensa yang baru, selalu terasa ada yang mengganjal di mata kanan dan kiri setelah pemakaian 3 jam. Dan setelah dibuka setiap berkedip semakin terasa ganjalnya (cuma terasa lebih baik). Setelah lensa kontak dibuka, ada kotoran yang keluar, mata tidak begitu merah, hanya masalahnya selalu ada yang mengganjal itu. Tapi dikeesokan harinya sudah tidak terasa ganjal lagi. Kira-kira apa yang harus saya lakukan dok? Terima kasih.

18 Mar 2019, 18:15 WIB
dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid
dijawab oleh: dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Sulit bagi kami untuk memastikan apa yang terjadi pada mata Anda saat ini. Ada kemungkinan terjadi infeksi pada mata akibat lensa kontak, namun untuk memastikannya Anda perlu memeriksakan diri ke dokter terdekat. Berikut ini beberapa kesalahan yang umum dilakukan pada pemakaian lensa kontak:

  1. Tidak mencuci tangan

Tak sedikit orang yang masih malas mencuci tangan sebelum menyentuh lensa kontak. Padahal, tangan kotor yang tidak dicuci dapat menjadi media kuman untuk berpindak ke lensa kontak.

Lensa kontak yang terkontaminasi kuman bukan tidak mungkin dapat menimbulkan infeksi atau iritasi pada mata. Karenanya, Anda disarankan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setiap kali akan memasang, melepaskan, atau saat ingin menyentuh lensa kontak.

  1. Tidak mencuci wadah lensa kontak

Sering kali Anda hanya fokus membersihkan lensa kontak tapi lupa untuk memperhatikan wadah penyimpanannya. Padahal, wadah penyimpanan lensa kontak yang tidak dicuci secara teratur bisa menjadi tempat berkembangnya kuman.

Mulai sekarang, cucilah wadah tersebut setiap baru digunakan. Setelah dicuci, keringkan dengan tisu bersih.

  1. Mencuci wadah lensa kontak dengan air biasa

Pencucian wadah lensa kontak dengan air biasa, dapat meningkatkan risiko berkembangnya kuman di lensa kontak Anda. Salah satu kuman yang harus diwaspadai adalah Acanthamoeba. Kuman ini dapat menginfeksi dan menimbulkan peradangan pada lapisan kornea mata. Pencucian wadah lensa kontak sebaiknya menggunakan cairan pencuci khusus yang sama seperti saat mencuci lensa kontak.

  1. Menggunakan lensa kontak melewati jangka waktu

Entah karena lupa beli atau karena alasan lainnya, beberapa orang tetap menggunakan lensa kontak meski sudah melewati jangka waktu pemakaian.  Ini tentu saja tidak dianjurkan.

Lensa kontak yang sudah lewat masa pakainya dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi mata, apalagi jika kebersihan lensa kontak berikut wadah penyimpanannya tidak terjaga.

Jangka waktu pemakaian lensa kontak dapat berbeda-beda, ada yang harian dan bulanan. Bijaklah dalam menggunakan lensa kontak sesuai jangka waktu yang dianjurkan oleh dokter spesialis mata.

  1. Mengenakan lensa kontak saat tidur

Faktanya, masih ada saja sebagian orang yang malas atau lupa melepas lensa kontaknya sebelum tidur. Padahal, setelah beraktivitas seharian, lensa kontak sangat mungkin terpapar kotoran dan kuman.

Kondisi mata yang tertutup selama tidur menggunakan lensa kontak dapat meningkatkan risiko berkembangnya kuman di mata. Jika didiamkan, bukan tak mungkin kebiasaan ini bisa menimbulkan iritasi atau luka pada lapisan kornea akibat pergerakan lensa kontak selama Anda terlelap. Luka dan infeksi pada mata ini bisa mengancam fungsi penglihatan Anda.

Semoga bermanfaat.

18 Mar 2019, 18:15 WIB
adeliataraadeliatara

Dolorem quam nostrum nostrum exercitationem nulla. Exercitationem accusamus ullam aut voluptate voluptatum. Et velit eveniet et aspernatur autem reprehenderit et. Est minus et rerum dignissimos.

adeliataraadeliatara

Ut eius eum voluptatem mollitia recusandae dolores. Odit qui odio maxime officia reiciendis in. Maiores dolor repudiandae aut.

adeliataraadeliatara

Enim rerum libero harum distinctio quaerat perferendis. Debitis expedita enim distinctio et dolorem. Velit sapiente nemo sed itaque enim praesentium aut. Asperiores dolore illo et ex ex quo.

Lihat Lainnya
7 Cara Menjaga Kesehatan Mata (Serg Zastavkin/Shutterstock)
Info Sehat
7 Cara Menjaga Kesehatan Mata
Terobosan Dunia Medis Sepanjang 2018 (Jackie Niam/Shutterstock)
Info Sehat
Terobosan Dunia Medis Sepanjang 2018
Agar Lensa Kontak Tidak Merusak Mata, Ini Aturan Pakainya (Roman-Samborskyi/123rf)
Info Sehat
Agar Lensa Kontak Tidak Merusak Mata, Ini Aturan Pakainya
Kiat Merawat Lensa Kontak agar Tetap Aman Digunakan (Catinsyrup/Shutterstock)
Info Sehat
Kiat Merawat Lensa Kontak agar Tetap Aman Digunakan
Sering Pakai Lensa Kontak? Lakukan Ini agar Mata Tetap Sehat (Puhhha/Shutterstock)
Info Sehat
Sering Pakai Lensa Kontak? Lakukan Ini agar Mata Tetap Sehat
5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengguna Lensa Kontak (Roman Samborskyi/Shutterstock)
Info Sehat
5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengguna Lensa Kontak
Awas, Infeksi dari Lensa Kontak Bisa Sebabkan Kebutaan (Rainer Junker/123rf)
Info Sehat
Awas, Infeksi dari Lensa Kontak Bisa Sebabkan Kebutaan
Tanya Dokter
Mata Merah Saat Memakai Lensa Kontak