Hubungan Intim Saat Menyusui

apakah masuknya sperma kedalam miss v dapat berpengaruh pada kualitas asi pada ibu menyusui?

Lihat Selengkapnya
pria, 31 Tahun18 Mar 2019, 09:23 WIB

dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid

Dijawab oleh:

dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Aktivitas seksual sebenarnya sudah dapat dilakukan setelah masa nifas berakhir, yaitu setelah 4-6 minggu pasca-melahirkan. Setelah melahirkan, sebagian pasangan merasakan adanya tekanan baru akibat kerepotan dalam mengurus bayi yang baru lahir. Jika tekanan tersebut tidak dapat diatasi, kehidupan sosial, pekerjaan, dan hubungan suami-istri dapat terganggu.

Relaksasi pikiran dan fisik merupakan salah satu cara untuk mengurangi tekanan yang dialami oleh pasangan. Aktivitas seksual merupakan salah satu cara relaksasi yang dapat dilakukan. Aktivitas seksual dapat meningkatkan kadar dopamin dan endorfin dalam tubuh, sehingga dapat membuat tubuh dan pikiran terasa lebih rileks.

Terkadang, saat menyusui dapat timbul beberapa masalah pada hubungan seksual misalnya kekeringan vagina dan kebocoran ASI saat melakukan hubungan seksual. Bagaimana cara mengatasinya?

  • Kekeringan Vagina

Kekeringan vagina dapat terjadi selama masa menyusui akibat perubahan kadar hormon dalam tubuh wanita. Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba untuk melakukan foreplaylebih lama. Foreplay lebih lama dapat meningkatkan pengeluaran cairan pada vagina sehingga dapat mengurangi kekeringan pada vagina. Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kekeringan vagina adalah menggunakan pelicin berbasis air.

  • Kebocoran ASI

Saat menyusui, pada saat-saat tertentu, payudara akan penuh terisi ASI. Terkadang saat melakukan hubungan seksual, ASI dapat bocor sedikit. Untuk mengatasinya ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Anda dapat menyusui bayi atau mengeluarkan ASI sebelum Anda melakukan hubungan seksual, sehingga payudara Anda akan terasa lebih nyaman dan tidak mengalami kebocoran. Selama melakukan hubungan seksual, Anda juga dapat sedikit menekan puting Anda atau menggunakan handuk jika terjadi kebocoran ASI dari payudara.

Selama masa menyusui, Anda juga dapat memilih metode KB yang tidak mengganggu pengeluaran ASI seperti mini pil, KB suntik satu bulan, atau spiral. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter/bidan mengenai jenis KB yang paling sesuai untuk Anda. Dengan menerapkan cara di atas, Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan hubungan seksual dengan pasangan selama masa menyusui.

Semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

18 KOMENTAR

Avatar
Conge Kiko
1 Tahun Lalu

Magni voluptas totam possimus temporibus velit ut eos. Consectetur vel sequi consequatur porro. Voluptatem quasi quasi et aut sit.

Avatar
Conge Kiko
1 Tahun Lalu

Nostrum sequi ut doloremque aut. Ducimus vero sed ullam explicabo distinctio ipsam sed. Libero aut minus maxime dolorem consequatur quisquam. Est praesentium sit repellat consectetur.

Avatar
Conge Kiko
1 Tahun Lalu

Harum voluptas architecto quo accusantium illum ut. Enim molestiae itaque porro aspernatur. Nam temporibus saepe deserunt at eum deleniti odio.

Avatar
Indah Betta
1 Tahun Lalu

Molestiae recusandae aut magni molestiae voluptate aut. Et et et tenetur minima fugiat. Dolores dolores ducimus ea ut consequatur minus.

Avatar
Indah Betta
1 Tahun Lalu

Consectetur vel consectetur culpa natus odio consectetur sapiente qui. Reiciendis id et rerum sequi quas odio sunt. Autem et repellat quos consequatur perferendis possimus.

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk