Pasca Operasi Gigi Bungsu

Info Penanya, wanita 25 Tahun

Halo Dok 3 mggu lalu sy telah melakukan bedah pada gigi impaksi. Seminggu setelah bedah benang pun dilepas. Namun hasil jahitannya tidak menyatu melainkan membentuk lubang yg dalam dan lebar. Dari artikel yg sy baca gusinya akan tumbuh dari dalam. Namun sy selalu merasa terganggu dgn makanan yg sering terjebak dalam lubang tersebut, sikat gigipun tidak mempan, jika dicungkil akan berdarah. Jadi apa yg harus sy lakukan utk mebersihkannya? Gigi sy ini jg tidak mengalami sakit hanya sj masih sdkt terasa tebal/sdkt bengkak dan masih terasa ada yg mengganjal. Apakah ini normal jika sudah 3 mggu dan berapa lama yg dibutuhkan untk kembali normal sprti sediakala? Terima kasih

18 Mar 2019, 10:40 WIB
drg. Wiena Manggala Putri
dijawab oleh: drg. Wiena Manggala Putri

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Proses penyembuhan luka paska pencabutan memang membutuhkan waktu yang cukup lama, penutupan soket bekas gigi yang dicabut umumnya ditutup oleh jaringan lunak sebulan setelah pencabutan, dan kemudian tulang akan tumbuh kembali mengisi soket tersebut umumnya membutuhkan waktu hingga 6 bulan.

Boleh saja menggunakan geraham disamping gigi yang baru dicabut namun perlu diperhatikan agar jangan sampai sisa makanan tersangkut di soket, dan kalaupun ada makanan yang tersangkut jangan dikorek-korek dengan alat yang tidak steril karena dapat menyebabkan luka kembali dan memperlama waktu penyembuhan luka, jadi cukup dikumur saja secara perlahan.

Namun, bila kondisi tersebut membuat Anda merasa tidak nyaman atau bahkan sakit lebih dari 3 minggu, Ada baiknya bila Anda kembali lagi ke dokter tersebut untuk dilakukan pemeriksaan lebih mendalam sehingga tidak terjadi komplikasi.

demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

18 Mar 2019, 10:40 WIB