Cara Menambah Berat Badan Bayi

Info Penanya, pria 23 Tahun

Hai Dok, saya memiliki bayi berusia 5 bulan saat timbang BB rutin bulanan Garisnya berada di zona kuning yang artinya kurus/kurang gizi. selama ini saya tidak begitu khawatir karena bayi saya terlihat sangat aktif dan ceria bahkan terlihat sangat semangat sekali ketika menyusu, tapi setelah saya lihat lagi buku KIA ternyata penurunan BB sangat signifikan. Bayi saya ASI dan sambung Sufor tapi tidak rutin, mohon bantuannya untuk apa yang harus saya lakukan. Terima Kasih

19 Mar 2019, 04:30 WIB
dr. Nadia Octavia
dijawab oleh: dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Untuk meningkatkan berat badan bayi MPASI ada berapa hal yang dapat Anda lakukan:

Tingkatkan frekuensi makan, dengan prinsip makan sering dalam porsi sedikit. Frekuensi makan yang dianjurkan adalah 3 kali makan besar diselingi 2-3 kali snack. Pilih snack yang tinggi kalori misalnya jus alpukat dicampur susu, pisang, atau makanan seperti macaroni schotel dan olahan berbahan dasar karbohidrat lainnya. Bila ASI tidak cukup, bisa ditambah dengan susu formula yang diberikan 5-6 kali sehari @150-180 mL/kali minum.Bila anak tidak suka nasi tim, coba naik/turunkan tekstur. Usia 10 bulan umumnya anak mulai tumbuh gigi lebih banyak. Ada kalanya ia ingin naik tekstur menjadi makan nasi biasa atau turun tekstur menjadi makan bubur. Jika belum mau makan nasi, sumber karbohidrat bisa diganti dengan ubi, kentang, oatmeal atau roti.Anda dapat menggunakan keju slice atau keju parut sebagai snack atau sebagai tambahan ketika anak memakan snack-nya. Berikan anak makanan yang tinggi protein seperti telur, ikan, daging ayam dan daging merah dalam porsi yang sesuai.Untuk anak di bawah 1 tahun, konsumsi sayur tidak wajib selama anak masih mau makan buah. Bila anak terlalu banyak makan sayur yang mengandung serat, ia akan cepat kenyang dan kurang mendapatkan asupan karbohidrat dan protein yang lebih penting untuk pertumbuhan fisiknya di masa ini.Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

19 Mar 2019, 04:30 WIB
judit 29judit 29

Nihil voluptatem molestiae vitae doloribus. Eaque culpa quo fugit maxime minus. Impedit adipisci quia eveniet facilis optio quia.

judit 29judit 29

Ut eveniet eligendi odio deleniti officia. Esse consequatur quam voluptate nemo eveniet. Voluptatem nisi sequi et. Mollitia accusantium et ipsum itaque.

YosephinwidhiYosephinwidhi

Dolorem dicta amet dolores voluptate ut amet laborum. Totam sunt ut hic ullam omnis ut deleniti. Nihil id ea mollitia facere nostrum. Rerum dignissimos ullam autem est ducimus et quaerat.

Lihat Lainnya