Keguguran Berulang

Info Penanya, pria 29 Tahun

Assalamualaikum dok sy mw tanya, istri sy sdh 2 kali hamil yg pertama keguguran usia kandungan 3 bln yg kedua meninggal dalam kandungan saat usia 7 bulan kemarin habis cek lab hasilnya anti rubella igg postif kons 97,1 dan anti cmv igg positif kons 204 itu penyebabnya kenapa dan apa solusinya? terima kasih sebelumnya ūüôŹ

18 Mar 2019, 21:06 WIB
dr. Nadia Octavia
dijawab oleh: dr. Nadia Octavia

Terima Kasih telah bertanya melalui layanan e-konsultasi Tanya Dokter klikdokter.com

Halo, kami memahami kekhawatiran anda.

Untuk memastikan apakah sisa jaringan di dalam rahim sudah bersih adalah dengan melakukan pemeriksaan fisik kembali dan pemeriksaan penunjang seperti USG Abdomen atau USG Transvaginal. Jika memang masih ada sisa jaringan, dokter akan memutuskan apakah diperlukan tindakan kuretase atau digunakan obat-obatan. Apabila memang tidak ada sisa jaringan setelah diperiksa oleh dokter, maka tidak masalah jika tidak dilakukan kuretase dan menggunakan obat. 

Pasca keguguran, tubuh membutuhkan waktu untuk mengembalikan keseimbangan hormon. Dalam kurang lebih  6 bulan setelah keguguran, seharusnya siklus haid Anda sudah kembali seperti biasa. Sebelum 6 bulan, siklus haid dapat tidak teratur. Perlu diingat bahwa kembalinya haid menandakan anda sudah kembali subur dan dapat hamil. Kami sarankan penggunaan kontrasepsi sementara ini. 

Jika tidak terdapat gangguan pada rahim, maka Anda tidak perlu khawatir karena seorang wanita dengan organ reproduksi yang sehat yang memiliki riwayat keguguran dapat kembali hamil. Namun perlu diketahui apakah penyebab keguguran yang Anda alami, jika disebabkan oleh penyakit tertentu maka sebaiknya Anda mengobati penyakit tersebut terlebih dahulu sebelum merencanakan kehamilan berikutnya.

Dianjurkan agar Anda menunda kehamilan berikutnya selama kurang lebih 3 bulan, hingga organ reproduksi Anda kembali ke bentuk semula dan Anda telah siap secara fisik dan emosi untuk hamil lagi. Sebaiknya saat ini Anda memulihkan kondisi fisik dan emosionalnya

Jika tidak terdapat gangguan pada rahim, maka Anda tidak perlu khawatir karena seorang wanita dengan organ reproduksi yang sehat yang memiliki riwayat keguguran dapat kembali hamil. Namun perlu diketahui apakah penyebab keguguran yang Anda alami, jika disebabkan oleh penyakit tertentu maka sebaiknya Anda mengobati penyakit tersebut terlebih dahulu sebelum merencanakan kehamilan berikutnya. Untuk memastikan kondisi organ reproduksi Anda, kami sarankan Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

 Demikian infromasi yang kami dapat sampaikan 

18 Mar 2019, 21:06 WIB
Nahar MarantikaNahar Marantika

Odio neque rerum voluptatem delectus. Soluta et alias qui quia qui omnis sit. Est iste iste odio ea ut.

Nahar MarantikaNahar Marantika

Dolorem voluptas est nemo repudiandae enim. Omnis explicabo qui eligendi delectus eos enim. Est delectus distinctio dolorem magnam eum et. Ut ipsam corporis at molestiae.

Nahar MarantikaNahar Marantika

In similique quam laborum cumque quaerat. Est facilis incidunt eaque dolores et accusamus in.

Lihat Lainnya
Hal Tak Terduga Penyebab Keguguran Berulang (Andrei_R/Shutterstock)
Info Sehat
Hal Tak Terduga Penyebab Keguguran Berulang
Benarkah Darah Kental Menyebabkan Keguguran Berkali-kali? (VGstockstudio/Shutterstock)
Info Sehat
Benarkah Darah Kental Menyebabkan Keguguran Berkali-kali?
Kenali Penyebab Keguguran yang Dialami Istri Gilang Dirga (Foto: Liputan6)
Info Sehat
Kenali Penyebab Keguguran yang Dialami Istri Gilang Dirga
Tanya Dokter
Keguguran Berulang