Perawatan Luka

Info Penanya, pria 18 Tahun

Dok kaki saya kemarin terluka dan di perban baru satu hari di bagian luka ny tu terasa panas dan perih dok untuk menghilangkan rasa panas sama perih tu gimana dok ? Dan perban bekas luka tu baru boleh di buka nya berapa hari dok? Dan boleh dak dok kalo bukak nya pakek rivanol atau alkohol yang laen

18 Mar 2019, 18:05 WIB
dr. Nadia Octavia
dijawab oleh: dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah bertanya seputar perawatan luka menggunakan fitur TanyaDokter KlikDokter.

Waktu penyembuhan luka bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll). Dalam keadaan normal, penyembuhan luka dapat memakan waktu selama kurang lebih 2 minggu atau lebih tergantung kedalaman luka. 

Untuk mendukung proses penyembuhan luka, perlu memperhatikan kebersihan luka agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Basah/ lembab merupakan 'musuh' dari penyembuhan luka. Kondisi basah/ lembab menjadi sarang bertumbuhnya kuman yang bisa menyebabkan peradangan dan menunda penyembuhan luka.  Cara terbaik adalah mengganti perban/ kassa pembungkus tiap kali basah akibat keringat/ air mandi, yang terpenting adalah menjaga luka tetap kering. 

Bekas luka yang basah dapat menandakan telah terjadi infeksi luka, terutama bila telah keluar nanah dari luka tersebut. Untuk perawatannya yaitu berikan salep antibiotik, selalu ganti kain kasa pembungkus saat telah basah, dan jangan sampai luka basah saat mandi.

Pada penderita diabetes, penting untuk menjaga keadaan gula darah terkontrol, agar tidak mengganggu penyembuhan luka. Segera konsultasikan dengan dokter apabila luka tampak basah terus atau sulit sembuh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang perawatan luka, semoga bermanfaat.

18 Mar 2019, 18:05 WIB
Conge KikoConge Kiko

Amet molestias cumque enim fuga iste sed ut voluptatibus. Sed repudiandae quas qui veniam vitae corrupti. Et cum id in dolor labore. Dolores ullam mollitia non quis deleniti.

Conge KikoConge Kiko

Dignissimos ut laudantium vel qui. Neque vel facilis voluptas sunt. Vel hic et amet. Ad saepe consequuntur amet ut animi rerum odit. Consectetur voluptas est tempore magni eveniet officia voluptatem.

Conge KikoConge Kiko

Libero enim dicta autem sunt voluptatum inventore. Eveniet exercitationem qui ut tenetur aspernatur maiores voluptatem.

Lihat Lainnya
Tips Perawatan pada Korban Luka Pasca Tsunami Selat Sunda (Foto: Arie Basuki/Merdeka.com)
Info Sehat
Tips Perawatan pada Korban Luka Pasca Tsunami Selat Sunda
Tanya Dokter
Perawatan Luka
Tanya Dokter
Perawatan Luka
Tanya Dokter
Cara membersihkan luka dirumah
Tanya Dokter
Cara membersihkan luka dirumah
Tanya Dokter
Perawatan Luka
Tanya Dokter
Perawatan Luka
Tanya Dokter
Agar Bekas Luka Operasi Cepat Kering
Tanya Dokter
Penyembuhan Luka Jahitan
Tanya Dokter
Merawat Luka Lecet