Nyeri Tulang Rusuk

Info Penanya, wanita 26 Tahun

selamat malam dok, sy pernah jatuh dari motor beberapa bulan yang lalu, sepertinya sy mengalami cidera ringan pd tulang rusuk paling bawah sebelah kiri. tidak ada memar atau bengkak, tapi sakit kalau tarik nafas dalam2 dan sangat sakit saat batuk (kebetulan saat itu sy sdg flu batuk). sy tidak bisa tidur menghadap ke kanan atau kiri, hanya bisa lurus menghadap ke atas. cukup kesulitan utk bangun dan mulai berbaring saat itu. setau sy cidera rusuk bisa sembuh sendiri, jadi sy tidak periksa ke dokter. semakin lama sakitnya semakin berkurang, kurang lebih sebulan sy bisa tidur menghadap mana saja. dan sampai saat ini sy menganggap sudah sembuh karena sudah tidak terasa sakit lagi sedikitpun.. tetapi pada setiap sy tiduran tengkurap, ada rasa mengganjal di bagian rusuk yg sempat cidera itu yg membuat sy tidak nyaman, segera balik badan. dan seolah menolak dilupakan, kadang2 rusuk kiri bawah ini terasa nyeri, hanya sesekali dan beberapa detik saja. selain itu tidak ada hal lain yg mengganggu aktifitas sy. yang ingin sy tanyakan, apakah sy perlu ke dokter? mengenai rusuk yg mengganjal saat tengkurap dan nyeri sesaat ini. terimakasih..

20 Mar 2019, 03:19 WIB
dr. Nadia Octavia
dijawab oleh: dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Memang sebaiknya saat ini anda memeriksakan kondisi anda, ditakutkan adanya trauma yang terjadi pada tulang atau jaringan sekitarnya akibat cedera yang anda alami.

Memang, radiasi yang dihasilkan dari sinar X dapat menimbulkan berbagai akibat negatif bagi tubuh, jika terpapar terlalu sering dalam jangka waktu yang lama. Memang dianjurkan untuk tidak sering-sering melakukan pemeriksaan rontgen. Jarak tiga bulan adalah waktu yang diperbolehkan untuk kembali melakukan pemeriksaan rontgen.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

20 Mar 2019, 03:19 WIB
Agustina AzhariAgustina Azhari

Perspiciatis quo ipsam sit aut numquam vero et sequi. Repudiandae necessitatibus quia culpa. Aut amet ut laudantium possimus maiores ut. Nulla cum ut velit soluta. Ut mollitia et at quisquam.

wika saputriwika saputri

Nesciunt ipsum officiis sunt. Et illum et officiis laborum quidem aut mollitia est. Asperiores voluptatem sunt illum et ipsam provident veniam. Sit qui laborum ut at quasi ab quis qui.

ady_saputraady_saputra

Ea distinctio iste eveniet labore quo. Dolores qui voluptatem quia omnis amet dolorem deleniti. Quis necessitatibus maxime excepturi eum cumque facere dolorem. Ut enim laborum temporibus earum.

Lihat Lainnya
Tanya Dokter
Nyeri Tulang Rusuk Setelah Terbentur