Hamil Setelah Keguguran

Dok, setelah keguguran, kapan boleh hamil lagi ?

Lihat Selengkapnya
pria, 25 Tahun20 Mar 2019, 10:24 WIB

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Dijawab oleh:

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami turut prihatin dan memahami kondisi yang Anda alami. Apakah sudah dilakukan tindakan kuret setelah keguguran? Kuret merupakan tindakan medis yang bertujuan untuk mengambil dan membersihkan sisa perdarahan atau jaringan yang masih ada dan menempel pada dinding rahim. Jika lewat pemeriksaan sudah tidak ada sisa jaringan atau perdarahan di dalam rahim maka tidak diperlukan kuret.

Umumnya setelah satu minggu dari kuretase, darah sudah tidak ada lagi. Jika tidak terjadi komplikasi, umumnya kesuburan akan kembali normal. Jika sudah mendapat haid lagi berarti fungsi organ reproduksi sudah kembali normal dan sudah boleh hamil lagi. Jika seorang dikuret, seorang perempuan akan mulai berovulasi 2 - 3 minggu setelah tindakan kuretase, sehingga sebetulnya dapat segera hamil. Namun, dianjurkan agar ibu menunda kehamilan berikutnya selama kurang lebih 3 bulan, hingga organ reproduksi ibu kembali ke bentuk semula dan ibu telah siap secara fisik dan mental untuk hamil lagi.

Sebaiknya saat ini Anda memulihkan kondisi fisik dan emosional Anda. Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi, selain itu Anda dapat pergi berlibur ataupun melakukan hobi dalam mengisi waktu luang untuk menenangkan pikiran serta mengembalikan semangat serta energi Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Berhubungan Intim Pasca Keguguran

Dijawab oleh:dr. Atika

Seputar Keguguran

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

Penyebab Keguguran

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

ASI Keluar Setelah Keguguran

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

ASI Masih Keluar Setelah Keguguran

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

74 KOMENTAR

Avatar
Hendri Firman
1 Tahun Lalu

Cupiditate porro odio omnis. Excepturi dolores non alias eaque provident. Maxime molestias occaecati cupiditate quis debitis.

Avatar
Hendri Firman
1 Tahun Lalu

Aut excepturi aut facere pariatur. Cum veritatis ut ipsa quia culpa. Qui occaecati officia autem dolore. Illo quibusdam est quo exercitationem illo amet odit.

Avatar
Hendri Firman
1 Tahun Lalu

Molestias voluptatem totam sint officiis. Quisquam perspiciatis et aliquam.

Avatar
Hendri Firman
1 Tahun Lalu

Dolor eos fugit dolorum. Accusantium corrupti sunt autem est odit optio et. Et dolorem explicabo est adipisci consequatur officia quos aperiam.

Avatar
Nella
1 Tahun Lalu

Necessitatibus mollitia culpa quas illum dolorem fuga. Earum sequi accusamus sapiente. Doloremque laborum qui occaecati incidunt.

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk