Tenggorokan Kering

Info Penanya, pria 16 Tahun

Halo dok saya ingin tanya kenapa tenggorokan saya sering kering udah lama sih gejala nya dan bibir saya juga kering tidak lama kemudian muncul gejala hidung tersumbat kalau boleh tau itu kenapa ya dok terimakasih

20 Mar 2019, 14:08 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar Tenggorokan Kering menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Rasa kering di tenggorokan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Melihat keluhan Anda seringkali saat bangun tidur, mungkin hal tersebut dipengaruhi oleh faktor berikut: Menurunnya aliran saliva

Setiap harinya, saliva (air liur) diekskresi hingga 0.5 – 1.5 liter oleh tiga kelenjar liur besar yang berada di sekitar mulut dan tenggorokan. Sementara aliran saliva menurun saat sedang tidur, terutama saat tidur malam. Oleh karena itu kita sering merasa tenggorokan dan mulut kering dan berbau kurang sedap saat baru bangun tidur. Hal ini wajar, namun untuk mengantisipasi gangguan mulut lebih lanjut, jangan lewatkan waktu untuk menyikat gigi di malam hari.

1.Dehidrasi

Kekurangan cairan tubuh juga mengambil peran. Dimana ketika tidur, justru cairan lebih banyak yang keluar dari keringat. Terlebih lagi jika Anda tidur di ruangan yang bersuhu lembab, tidak bersikulasi udara dengan baik dan panas.

2.Mengorok

Mengorok atau mendengkur dapat disebabkan oleh berbagai hal, namun yang paling mendasar adalah adanya getaran dari jaringan dan otot saluran pernapasan akibat tersumbatnya jalan napas selama tidur. Getaran tersebut tidak menutup kemungkinan untuk sebagian orang menimbulkan gesekan antara ruang di tenggorokan, ditambah lagi kondisi menurunnya aliran saliva ketika tidur di malam hari yang membuat tenggorokan sedikit mendapatkan lubrikasi. Jika hal ini dibiarkan dapat menimbulkan iritasi dan lebih lanjut peradangan.

3.Penggunaan obat-obatan

Beberapa kandungan obat memberikan dampak sensasi rasa mulut dan tenggorokan kering.

4.AC yang kurang kondusif

Piranti pengkondisi udara yang banyak beredar dewasa ini kebanyakan hanya mengambil fungsi sebagai penyejuk udara dengan cara menghembuskan udara bersuhu rendah yang kering ke ruangan. Pada pernapasan ketika tidur saluran pernapasan yang dilewati udara dingin nan kering memperparah kondisi kekeringan karena penurunan air liur. Khusus untuk hal ini Anda dapat mesolusikannya dengan memilih piranti AC yang memiliki fitur mengendalikan kelembaban udara.

Sedangkan untuk hidung tersumbat, dapat disebabkan oleh berbagai macam hal yang mengiritasi atau menyebabkan peradangan di dalam hidung. Infeksi (common cold/selesma atau sinusitis), alergi dan iritan (asap rokok), dapat menyebabkan hidung tersumbat. Kelainan anatomi seperti septum deviasi maupun adanya polip hidung juga dapat menyebabkan hidung tersumbat terus menerus. Sebagian orang mengalami hidung tersumbat kronik tanpa ada sebab yang jelas.

Pada kasus Anda, hidung tersumbat kemungkinan akibat alergi atau kelainan anatomi di dalam hidung. Oleh karena itu, kami menyarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter THT untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Ada kemungkinan akan dilakukan nasoendoskopi (pemeriksaan hidung menggunakan kamera) untuk melihat dengan jelas penyebab sumbatannya.

Demikian informasi seputar Tenggorokan Kering yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

20 Mar 2019, 14:08 WIB
deny_prbdeny_prb

Quae et asperiores hic facere sed voluptatum. Exercitationem ea ut ipsam ad ut tenetur. Suscipit tenetur rerum inventore. Eos commodi minus reprehenderit nihil.

deny_prbdeny_prb

Rerum non facere ut quisquam. Et recusandae quaerat et sunt inventore dolores quos. Voluptas eius aut quisquam rerum explicabo maxime.

deny_prbdeny_prb

Ea ut autem eum non dignissimos omnis enim commodi. Quia unde ab illum hic. Quibusdam in minima consequatur error et.

Lihat Lainnya
Tanya Dokter
Tenggorokan Kering
Tanya Dokter
Mulut Dan Tenggorokan Kering Apakah Pengaruh AC ?