Bayi Muntah dari Mulut dan Hidung

Info Penanya, wanita 33 Tahun

Halo dok....saya ingin menanyakan tentang bayi saya yg sering bab dan suka muntah melalui mulut dan hidung... apa itu normal dok untuk bayi saya yg berusia 20 hari

21 Mar 2019, 09:22 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan melalui fitur Tanya Dokter. 

Mengenai BAB, memang bayi yang baru lahir (dibawah usia 1 bulan) masih akan sering BAB dalam 1 harinya. 

Sebelumnya perlu diketahui bahwa makanan bayi hanya berasal dari ASI yang berupa cairan. Jadi memang normal bila BAB bayi bersifat encer. Semakin sering bayi minum ASI maka BAB akan semakin sering. Pada saat baru lahir maka bayi akan mengeluarkan BAB pertama yang berwarna kehijauan, disebut mekonium. Perlahan-lahan warna BAB akan berubah menjadi kuning. Normalnya bayi BAB sekitar 6-8 kali per hari. Kondisi yang dialami bayi Anda bisa saja normal. 

Hal yang perlu menjadi tanda waspada diantaranya adalah

Bayi tidak kunjung BAB bila usia sudah lebih 1 hari

BAB bayi berdarah

BAB bayi berwarna dempul

Perut bayi menggembung sehingga tampak gambaran seperti usus

Berat bayi tidak kunjung bertambah

Mengenai bayi muntah dari mulut dan hidung, perlu diperdalam dulu apakah itu gumoh akibat bayi belum disendawakan pasca menyusu atau benar-benar muntah. Bila tidak terlalu sering, bisa saja itu adalah gumoh, dan masih normal bila keluar dari hidung akibat tekanan dari lambung bayi yang besar. Hal ini akan menghilang dengan sendirinya ketika anak semakin besar. Apakah Anda rutin menyendawakan anak pasca menyusui?

Namun bila terlalu sering terjadi, dikhawatirkan itu bukanlah gumoh sederhana, dan hal ini perlu menjadi kewaspadaan serta sebaiknya diperiksakan ke dokter anak. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai muntah dari hidung dan mulut. Semoga bermanfaat.

21 Mar 2019, 09:22 WIB