Jari Kaku Pasca Patah Tulang

Info Penanya, pria 26 Tahun

Trimakasih. Sy mau tanya dok. Sy pernah patah jari kelingkingsendi sy 5th yg lalu. Sudah dilakukan oprasi dengan cara di pen. Tapi setelah itu jari kelingking sy tidak bisa ditekuk. Seperti kaku. Dan bentuk tulang sendinya juga menonjol spertinya sambunganya tidak sempurna. Dan sudah kaku. Hal sperti ini apa masih bisa disembuhkan dengan oprasi dok?? Apakah saraf geraknyaa masih berfungsi setelah 5th?? Tangan tidak mayi rasa si

23 Mar 2019, 11:17 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar Jari Kaku Pasca Patah Tulang menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran anda. Pada dasarnya cedera pada tulang dan sendi termasuk patah tulang cukup sering menyebabkan rasa kaku setelah proses penyembuhan. Sebelumnya, apakah selama proses penyemuhan pasca operasi jari Anda tetap digerakkan atau tidakdigerakkan?

Pada proses penyembuhan patah tulang akan terjadi pembentukan jaringan tulang baru untuk menyambung tulang yang patah sehingga terkadang dapat menyebabkan kekakuan terutama ada tulang-tulang kecil seperti jari. Selain itu, saat terjadi patah tulang, jaringan di sekitar tulang seperti otot, jaringan pengikat, dan sendiri juga dapat terlibat dan mengelami peradangan, Pada saat proses penyembuhan dapat terjadi pembentukan jaringan skar di dalam yang tidak terlihat mata. Ini juga merupakan salah satu kemungkinan penyebab kekakuan pasca penyembuhan patah tulang. Untuk mengurangi kekakuan tersebut, anda dapat mencoba melakukan fisioterapi atau berkonsultasi dengan dokter spesialis rehab medik. Memang seharusnya terapi ini anda lakukan segera setelah sembuh. Namun demikian, tidak ada salahnya untuk mencoba berkonsultasi langsung terlebih dahulu dengan dokter spesialis rehab medik untuk mendiskusikan kemungkinan penyembuhan.

 

Demikian informasi seputar Jari Kaku Pasca Patah Tulang yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

23 Mar 2019, 11:17 WIB