Benjolan Di Bawah Telinga, Bahayakah?

Info Penanya, wanita 20 Tahun

Dok saya mau tanya, saya punya benjolan di belakang leher saya persis dibawah telinga. Awalnya benjolan tsb besar seperti telur puyuh. Saya tidak mengalami keluhan apapun kecuali benjolan saya di tekan. Benjolan tsb muncul setelah saya sakit tenggorokan dan ada absen di gusi. Namun skrg benjolan saya mengecil tapi agak melebar. Dan benjolan di leher saya tidak kunjung hilang sudah 1 bulan lebih. Itu kenapa ya dok ? Terima kasih

25 Mar 2019, 07:28 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih telah bertanya tentang benjolan di bawah telinga melalui fitur Tanya Dokter.

Benjolan di bawah telinga yang terasa nyeri kerap disebabkan oleh pembesaran kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening berperan penting dalam melindungi tubuh dari infeksi. Saat terjadi infeksi, misalnya batuk-pilek, infeksi amandel, tenggorokan, atau infeksi dalam telinga, kelenjar getah bening di sekitar daerah tersebut akan membengkak.

 Jika infeksi di sekitar daerah leher atau wajah sudah teratasi maka pembesaran kelenjar getah bening biasanya juga ikut mengempis. Kelenjar getah bening memang terdiri dari sel-sel imunitas yang melakukan perlawanan terhadap infeksi atau radang, sehingga bila terjadi infeksi maka kelenjar getah bening cenderung membesar. Jika memang benjolan tersebut adalah kelenjar getah bening, dan bila tidak juga mengempis, sebaiknya Anda kembali mengkonsultasikan dengan dokter spesialis penyakit dan jika perlu kembali ke dokter gigi untuk evaluasi. 

Benjolan yang bersifat kanker biasanya akan membesar dengan cepat, permukaannya kasar, sifatnya keras, sulit digerakkan dan tidak nyeri. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar benjolan di bawah telinga. Semoga bermanfaat, salam sehat

25 Mar 2019, 07:28 WIB