Kutil di Vagina

Dok, dibagian vagina saya terdapat seperti kutil. Apakah ini penyakit berbahaya dok? Apakah saya harus segera konsultasi ke dokter

Lihat Selengkapnya
wanita, 20 Tahun25 Mar 2019, 12:50 WIB

dr. Atika

Dijawab oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya perlu dipastikan dulu apakah betul benjolan yang dimaksud ialah kutil kelamin atau pembesaran kelenjar Bartholin.

Jika kutil kelamin, ini merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. Nama lainnya yaitu kondiloma akuminata.

Kutil kelamin dapat menimbulkan rasa gatal dan juga dapat menyebabkan keluhan keputihan.

Infeksi melalui kontak langsung dengan jari juga dapat terjadi namun diperlukan sumber infeksi (virus) tersebut yang biasanya didapatkan dari orang yang menderita penyakit ini.  Seseorang yang terinfeksi virus ini juga dapat tidak menimbulkan gejala (berada dalam fase laten) sehingga meskipun tidak memberikan gejala kutil kelamin namun dapat menularkan virus ini pada pasangan seksualnya.

Hal-hal yang merupakan faktor risiko untuk meningkatkan kejadian adalah merokok, penggunaan kontrasepsi oral, hubungan seksual dengan partner multipel, dan hubungan seksual pada usia muda.

Untuk mengobatinya, perlu dipastikan dulu bagaimana bentuk kelainan yang dialami. Sebaiknya, Anda mendatangi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan konfirmasi penyebab. Dengan demikian, pengobatannya bisa tepat sasaran.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Kutil Di Wajah

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Kutil di sekitar mata

Dijawab oleh:dr. Nabila Viera Yovita

Kutil pada wajah, benarkah?

Dijawab oleh:dr. Nabila Viera Yovita

Kutil pada wajah

Dijawab oleh:dr. Nabila Viera Yovita

Bintik Cokelat di Penis

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk