Perdarahan Saat Hamil

Halo dok, saya mau tanya nih, sekitar tanggal 5 Maret kemaren, saya melakukan Testpack setelah sebelumnya telah telat haid kurang lebih 2 minggu dan hasilnya positif. Setelah itu tanggal 11 Maret saya periksakan kehamilan ke dokter kandungan lalu dikatakan dokter usianya 5w6d dan belum terlihat detak janinnya, lalu dikasih vitamin, lalu sekitar tanggal 14 Maret atau 3 hari setelah periksa ke dokter kandungan saya mengalami pendarahan namun tidak merasakan nyeri atau keluhan apapun, lalu saya kembali ke dokter dan di usg hasilnya masih sama seperti hasil USG pertama dan dikatakan sedang mengalami implantasi dan disarankan bedrest total lalu diberi obat anti pendarahan, selama pendarahan saya testpack berkali-kali hasilnya tetap positif 2 garis, setelah 5 hari atau tanggal 19 Maret pendarahan pun berhenti, setelah pendarahan berhenti saya kembali testpack namun hasilnya menjadi negatif. Kira-kira apa yang terjadi pada saya dok? Saya sebelumnya juga punya riwayat keguguran dok.

Lihat Selengkapnya
wanita, 26 Tahun29 Mar 2019, 10:28 WIB

dr. Dyan Mega Inderawati

Dijawab oleh:

dr. Dyan Mega Inderawati

Terima kasih telah bertanya tentang melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda. Kami memahami kekhawatiran Anda. Penting untuk diketahui bahwa semua bentuk perdarahan yang keluar dari kemaluan wanita (vagina) yang sedang dalam kondisi hamil perlu mendapatkan perhatian lebih. Flek-flek tersebut bisa jadi merupakan suatu pertanda adanya masalah serius dan berbahaya bagi kehamilan Anda. Namun, memang pada 20-30% wanita hamil terkadang dapat mengalami flek-flek perdarahan yang biasa terjadi di awal kehamilannya (3 bulan pertama kehamilan). Beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya flek-flek selama kehamilan diantaranya adalah:

·       Melakukan hubungan seksual selama kehamilan. Biasanya flek-flek darah akan timbul setelah melakukan hubungan seksual saat hamil karena saat hamil serviks (leher rahim) wanita dialiri oleh lebih banyak darah dibandingkan oleh wanita yang tidak hamil, karena itu serviks wanita yang sedang hamil lebih mudah berdarah

·       Keguguran 

·       Kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik)

·       Blighted Ovum (BO). Merupakan suatu kelainan dimana janin di dalam rahim gagal untuk berkembang

·       Infeksi saluran reproduksi oleh jamur, parasit, ataupun bakteri

·       Plasenta previa atau Solusio plasenta (pelesapan plasenta dari dinding rahim). Merupakan penyebab perdarahan yang biasanya terjadi pada trimester kedua atau ketiga kehamilan.

Kami menyarankan sebaiknya Anda memastikannya dengan dokter yang menangani Anda. 

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar . Semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Hamil Setelah Keguguran

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Berhubungan Intim Pasca Keguguran

Dijawab oleh:dr. Atika

Seputar Keguguran

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

Kenali Tanda-Tanda Awal Kehamilan

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Penyebab Keguguran

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk