Suntik Testosteron Untuk Wanita

Info Penanya, wanita 19 Tahun

Dok mau tanya. Saya kan suka olahraga ngegym gitu tapi untuk membentuk ototnya lama. Nah saya dapet info kalo suntuk testosterone itu bisa menaikan masa otot. Apa suntuk testoterone untuk wanita itu berbahaya atau tidak dok?

01 Apr 2019, 12:01 WIB
dr. Reza Fahlevi
dijawab oleh: dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pada dasarnya pemberian testosteron memang akan menyebabkan terhentinya menstruasi umumnya dalam bulan pertama, pendalaman suara, peningkatan rambut wajah dan tubuh, peningkatan ukuran klitoris, peningkatan libido, dan kemampuan untuk membangun dan mempertahankan massa otot. Penting untuk diingat bahwa testosteron tidak akan mengurangi ukuran payudara. Pria transeksual Banyak akan lulus sebagai laki-laki (yaitu terlihat laki-laki ke dunia luar) setelah satu tahun pengobatan, tetapi efek penuh testosteron yang dapat memakan waktu hingga 10 tahun.

Beberapa efek samping dari testosteron adalah meningkatnya kulit berminyak, jerawat, berat badan, dan sakit kepala. Risiko kesehatan dari pengobatan testosteron adalah hepatotoksisitas, resistensi insulin, perubahan negatif dalam profil lipid (penurunan HDL dan peningkatan trigliserida) dan homosistein, polisitemia pada mereka yang berisiko karena efek erythropoeitic, dan Sindrom ovarium polikistik mungkin djuga dapat terjadi . Secara teori pengaruh hormon ini juga dapat menyebabkan resiko terkena kanker payudara, ovarium, endometrium dan kanker serviks.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat

01 Apr 2019, 12:01 WIB