Nyeri Perut dan Muntah

Info Penanya, pria 14 Tahun

Dok sya mau tanya ,,saya sering muntah muntah tapi malem dari jam 10 ke atas slama sehari saya muntah sampai 6 kali lebih trus saya perut sebalah kanan bagian bawah sering sakit kalau saya duduk trus aga nyondong ke kanan suka sakit nya kerasa kadang ada demam tapi mlm suka tinggi pusing juga nyut nyutan

01 Apr 2019, 21:17 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah bertanya tentang sakit perut hingga mual dan muntah melalui fitur Tanya Dokter. 

Apakah Anda sering terlambat makan/makan tidak teratur? Apakah Anda sering makan makanan yang pedas dan asam, jamu-jamuan, dan obat warung? Apakah keluhan Anda berhubungan dengan terlambat makan atau makan kekenyangan?

Bila jawabannya ya untuk pertanyaan di atas, maka kemungkinan besar, kebiasaan Anda membuat sakit maag Anda kambuh sakit maag. Rasa panas, perih di perut; mual; sakit ulu hati merupakan keluhan khas untuk sakit maag. Sakit maag perlu dikontrol dengan pola hidup yang sehat agar tidak kambuh karena memang biasanya tidak dapat hilang sepenuhnya tapi dapat dikontrol.

Stress dapat juga memberikan keluhan seperti di atas. Apakah Anda menderita stress? Bila dengan obat maag ternyata keluhan Anda tidak membaik, maka ada kemungkinan Anda menderita stress dan memicu sakit maag.

Sangat mungkin juga, Anda mengalami kelelahan dan masalah dengan stamina. Hal ini juga dapat memicu sakit maag. Bagaimana dengan pola kehidupan Anda? Apakah Anda cukup berisitirahat? Apakah Anda rutin berolah raga? Bagaimana dengan beban pekerjaan Anda? Bagaimana pola makan Anda dan asupan makanan Anda? Pada saat haid biasanya tubuh memang terasa tidak enak dan kurang stamina sehingga perlu makan dan istirahat yang teratur sehingga gejala maag tidak kambuh.

Keluhan BAB mencret; sakit kepala; kaki pegal-pegal; napas sesak; takut/cemas dapat berkaitan dengan stress dan pola hidup yang kurang sehat.

Untuk mendapatkan stamina yang baik kami sarankan Anda cukup berisitirahat, makan makanan dengan gizi seimbang dan mencoba mengurangi stress.

Untuk mendapatkan kondisi yang sehat dan fit, Anda perlu untuk menjalankan pola hidup sehat dengan:

Makan teratur (3x/hari)Istirahat cukup (tidur dan bangun teratur, tidak bergadang)Olahraga (3-4x/minggu, @30 menit)Tidak merokokBila memiliki maag maka kurangi makan pedas, asam, dan kopiJalani hidup dengan santai dan hindari stresBila dengan prubahan pola hidup keluhan Anda tidak juga teratasi, sebaiknya periksakan diri Anda kepada dokter terdekat agar dapat dilakukan penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai sakit perut hingga mual dan muntah. Semoga bermanfaat. Salam. 

01 Apr 2019, 21:17 WIB