Berat Badan Janin

Info Penanya, wanita 22 Tahun

Sore dok. Saya sekarang sedang memasuki usia kehamilan 38 minggu, perkiraan HPL saya tanggal 14 April nanti dan berencana sc karena panggul sempit. Ketika berumur 36 minggu, berat badan janin 2.6 kg, tetapi ketika saya usg tadi saya tidak terlalu mendengar kata dokter mengenai berat badan janin dikarenakan usia dokter yang sudah tua, saya sungkan bertanya ulang. Tetapi yang saya dengar, ukuran janin masih kecil untuk dilakukan sc, 37 weeks 5 days. Tetapi kata tante yang ikut menemani saya, katanya dia mendengar beratnya 275 atau 2.75 kg. Saya jadi bingung apakah benar yang dia dengar(?), masa baru bertambah kurang lebih 100 gr(?) padahal sebelumnya pertumbuhan berat badan janin saya termasuk cepat dok. Di klinik tersebut menggunakan usg 2 dimensi dan di hasil usg tidak tercantum berat badan. Apakah usg 2 dimensi dapat mendeteksi berat badan janin dok?

02 Apr 2019, 09:08 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terima kasih telah bertanya seputar berat badan janin menggunakan KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Adapun USG 2 dimensi sudah cukup mumpuni untuk dapat mengukur berat badan janin, tentu saja ditunjang oleh kemampuan dokter dalam mengoperasikannya.

Namun, berdasarkan pengalaman, perhitungan berat badan janin lewat USG seringkali menunjukkan angka yang lebih kecil dibandingkan ukuran sebenarnya. Melesetnya ukuran dari USG bukan disebabkan oleh ketidakahlian dokter, melainkan karena citra yang dikeluarkan dari USG ada kemungkinan tidak akurat 100%. Tapi umumnya melesetnya ini tidak jauh.

Bila Anda khawatir berat badan janin Anda kecil, dalam minggu terakhir ini Anda dapat mencoba meningkatkannya dengan mengonsumsi makanan yang tinggi kalori dan tinggi protein. 

Sebagai informasi tambahan, berikut kami sertakan artikel:

6 Hal yang Harus Ada di Tas Ibu Hamil Menjelang Persalinan

Demikian informasi yang dapat kami berikan seputar berat badan janin, semoga bermanfaat.

02 Apr 2019, 09:08 WIB