Bangun Tidur Banyak Dahal

Info Penanya, wanita 17 Tahun

Malam dok, saya mau tanya nih. Kenapa saya sering batuk waktu bangun tidur ya dok, trus klo batuk kadang-kadang di pangkal tenggorokan itu kayak ada bau yg gk enak gitu dok.

02 Apr 2019, 09:08 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Bangun Tidur Banyak Dahak.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Banyak hal yang dapat menyebabkan tenggorokan berlendir atau berdahak di pagi hari. Tenggorokan berlendir atau berdahak dapat disebabkan karena infeksi, alergi, iritasi, dan sebagainya. Perokok aktif juga biasanya memproduksi dahak lebih banyak daripada bukan perokok.

Berkaitan keluhan yang ada, ada beberapa hal yang perlu kembali kami tanyakan pada Anda; Apakah Anda merokok? Apakah Anda mengalami sakit tenggorokan saat menelan?

Pada umumnya banyak obat-obatan yang dapat membantu Anda untuk mengeluarkan dahak membandel. Dahak dapat dibantu diencerkan dengan obat minum hingga terapi uap.

Atau, apakah Anda memiliki gejala sering nyeri ulu hati, kemudian ada rasa panas ditenggorokan? Bila Ya, ada kemungkinan terjadi penyakit GERD dimana asam lambung naik ke tenggorokan saat berbaring. ini bisa menyebabkan iritasi tenggorokan yang menyebabkan ingin batuk dan adanya sensasi seperti dahak.

Untuk mendapatkan pemeriksaan dan hasil yang terbaik pada keluhan Anda, ada baiknya untuk konsultasi dengan dokter guna mendapatkan terapi terbaik.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Bangun Tidur Banyak Dahak. Semoga bermanfaat.

Salam,

02 Apr 2019, 09:08 WIB