Nyeri lutut dengan riwayat cedera

Info Penanya, pria 25 Tahun

Selamat pagi dokter, saya mengalami nyeri lutut saat ini padahal sebelum2nya sudah tidak pernah.. memang beberapa waktu sempat terdapat cidera pada lutut saya, dan sudah hilang setelah beberapa lama saya mencoba latihan split dan ada rasa sakit di dekat lutut. setelah beberapa kali latihan split, rasa sakit tidak terasa lagi dan malah terasa normal tapi, selang 2 hari lutut saya terasa nyeri hanya saat naik tangga.. apakah cedera itu kambuh lagi ya dok atau ini hanya perlu diistirahatkan?? Terima kasih Dokter

02 Apr 2019, 10:54 WIB
dr. Nabila Viera Yovita
dijawab oleh: dr. Nabila Viera Yovita

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri lutut dengan riwayat cedera menggunakan fitur Tanya Dokter.

Apakah anda pernah ke dokter sebelumya dan berobat untuk keluhan nyeri lutut? Sudahkah dilakukan pemeriksaan penunjang? 

Rasa sakit lutut dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah ada proses degenerasi sendi, kram otot sampai variasi normal. Nyeri lutut setelah ditekuk untuk waktu yang cukup lama sebenarnya dapat merupakan hal yang wajar, apalagi jika tidak membatasi aktivitas normal lainnya. Namun, keluhan pada lutut yang sudah mengganggu tanpa perbaikan perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan langsung dan pemeriksaan rontgen tulang daerah lutut untuk mengetahui apakah ada masalah lainnya. Perlu diketahui apakah terdapat masalah pada persendian atau adanya masalah pada tulang seperti longgarnya ligamen atau tendon atau adanya proses pertumbuhan tulang baru yang tidak seharusnya seperti yang terjadi pada osteoartritis.

Mengingat pentingnya wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisis secara langsung dalam menentukan diagnosis dan penatalaksanaan, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter guna menentukan penyebab dan penanganan yang sesuai bagi Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai nyeri lutut dengan riwayat cedera, Semoga bermanfaat. Salam

02 Apr 2019, 10:54 WIB