Batuk dan Demam

Info Penanya, pria 18 Tahun

Hallo dok, udah dua hari ini kepala saya pusing dan batuk ada meriang nya. bahkan sekarang bibir saya pecah pecah dan gusi saya juga ada yang luka. itu kenapa sih dok? dan bagaimana cara mengatasi nya?

04 Apr 2019, 12:02 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terima kasih telah bertanya mengenai batuk dan demam melalui fitur Tanya Dokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda. Apabila Anda mengalami batuk, kemungkinan telah terjadi infeksi saluran napas. Infeksi saluran napas bisa disebabkan oleh virus maupun bakteri. Bila disebabkan oleh virus, gejala penyerta terseringnya adalah pusing dan demam, selain itu ada nyeri-nyeri otot, dan nyeri sendi. Bila benar terserang virus, maka Anda tidak membutuhkan antibiotik. Yang dibutuhkan untuk menangani kondisi infeksi virus adalah peningkatan daya tahan tubuh dengan istirahat yang cukup, banyak minum, makan bergizi termasuk buah dan sayur. Namun masih bisa juga kondisi Anda disebabkan oleh penyebab lainnya.

Sayang sekali kami belum bisa menentukan penyebab pasti keluhan anda dengan informasi yang terbatas. Diperlukan info lengkap; yang didapatkan dari wawancara langsung, pemeriksaan fisik dan penunjang yang penting; sehingga dapat menentukan penyebab pasti keluhan anda. Penatalaksanaan keluhan anda pun sangat tergantung dari penyebabnya. Oleh karena itu, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter mengenai keluhan ini.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai batuk dan demam . Semoga bermanfaat.

04 Apr 2019, 12:02 WIB