Penyebab Kutil Kelamin

Info Penanya, pria 20 Tahun

dok mau tanya saya dan istri saya tidak pernah berhubungan intim dengan pasangan lain,tetapi kok kelamin saya mempunyai kutil, apa bisa jadi dengan keputihan istri saya? terimakasih

08 Apr 2019, 08:00 WIB
dr. Reza Fahlevi
dijawab oleh: dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya tentang kutil kelamin menggunakan fitur Tanya Dokter KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kutil pada kelamin dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, salah satunya yang paling umum adalah kondiloma akuminata. Kondiloma Akuminata merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. Kadang kutil ini juga dikenal dengan istilah jengger ayam.

Kutil pada kelamin dapat diobati dengan beberapa pilihan pengobatan, antara lain dengan mengoleskan bahan bernama podifilin pada kutil tersebut untuk kemudian dibilas, asam trikloroasetat, atau dengan cryosurgery, dengan laser, atau dengan operasi kecil untuk mengangkat jengger ayam yang berukuran lebih besar. Dengan penanganan yang tepat maka kondiloma akuminata dapat disembuhkan, meskipun sering kambuh. Mungkin ini yang sedang erjadi pada Anda, kekambuhan kutil kelamin terjadi berulang kali. Efektivitas penanganan sangat bergantung pada ukuran dan juga metode penanganan.

Kondiloma akuminata penyebab utamanya memang ditularkan lewat hubungan seksual. Namun Kondiloma Akuminata ini bisa disebabkan oleh diri sendiri karena kurangnya menjaga kebersihan tubuh khusunya bagian intim, berikut beberapa penyebab penyakit kondiloma akuminata, yaitu:

  • Jarang mengganti celana dalam sehingga menyebabkan daerah intim menjadi lembab dan kotor.
  • Tidak pernah atau jarang membersihkan daerah intim.
  • Tidak mengeringkan bagian organ vital setelah buang air kecil.
  • Tertular dari pasangan yang mengidap penyakit kondiloma akuminata.

Sebaiknya Anda konsultasi secara langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pengobatan lebih lanjut.

08 Apr 2019, 08:00 WIB