TB kambuh?

Dok saya baru saja slesei pengobatan TBC selama 6bln. Dan dri puskesmas pengobatan saya di hentikan. Dan smpai sekrg saya blm sempat cek up lgi ke dokter. Dan tdi sore tiba" saya demam... Apakah TB saya kambuh dok???

Lihat Selengkapnya
pria, 26 Tahun08 Apr 2019, 08:57 WIB

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

TB paru dapat disembuhkan, hal ini bergantung pada kepatuhan penderita terhadap pengobatan yang memang berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Namun, Penyakit ini dapat kambuh jika imunitas (daya tahan) tubuh seseorang menurun dan juga orang tersebut menjalankan pola hidup yang tidak sehat. Hal ini didukung apabila anda menunjukkan gejala yang sama dengan gejala khas TB Paru, seperti; Batuk lama (lebih dari 2 minggu) tanpa atau disertai dahak dengan darah, penurunan nafsu makan, berat badan menurun, demam malam hari, keringat malam hari, didukung dengan hasil temuan pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang rontgen dada atau pemeriksaan dahak. 

Pengobatan TB memang membutuhkan kedisiplinan dan waktu yang panjang. Hingga kini, belum ada obat TB terbaru yang dapat menyembuhkan TB dalam waktu yang singkat. Seseorang dengan TB harus menuntaskan pengobatan yang lama tersebut hingga benar-benar dinyatakan terbebas dari penyakit TB. Lama  pengobatan TB pada penderita dapat berkisar 6- 9 bulan, tergantung dari jenis TB dan respon penderita terhadap pengobatan. Sejauh ini, jenis obat TB yang efektif memang kombinasi dari penggunaan empat obat-Rifampisin, INH, Pirazinamid, dan Etambutol, ditambah dengan suntikan Streptomisin pada mereka yang tergolong dalam Penderita TB kategori 2 ( pasien kambuh, gagal ataupun dengan riwayat pengobatan terputus).

Untuk kasus Anda, ada baiknya anda konsultasikan dengan dokter yang menangani Anda.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

TB MDR

Dijawab oleh:dr. Atika

Batuk Berdarah pada Penderita TB

Dijawab oleh:dr. Anita Amalia Sari

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk