Mengatasi Penyakit Maag

Info Penanya, wanita 31 Tahun

Hallo dok, saya mau tanya Udah 3 hari ini perut sama suka perih (hilang timbul, misalnya perihnya 2-3 detik trus hilang.. gak lama muncul lagi perih), kalau udh perih perut air liur suka mendadak banyak dan akhirnya muntah Perut perih suka terjadi di pagi & malam hari, karna gak kuat akhirnya saya minum obat maag M***nta / Pr***ag Kira² apa yg harus saya lakukan ya untuk menghilangkan rasa perih itu ?

08 Apr 2019, 13:10 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terima Kasih telah bertanya tentang cara mengatasi maag menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Apabila dua jenis obat maag yang Anda gunakan dapat meredakan gejala perih yang Anda rasakan, maka kemungkinan Anda memiliki penyakit maag. Apakah Anda sering terlambat makan? Bila Ya, itu salah satu faktor risiko yang dapat menyebabkan maag.

Penyakit maag adalah gangguan pada lambung dimana terjadi peningkatan asam lambung. Maag itu sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi kuman H.Pylori, stres, sering telat makan dsb. Penyebab-penyebab itu dapat menyebabkan ulkus (luka pada lambung) yang dapat menyebabkan gangguan pada dinding lambung yang lama. Luka dan iritasi lambung itulah yang menyebabkan rasa nyeri/ perih, bahkan disertai mual dan muntah.

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah :

1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)

2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh.

3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari

4. Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)

5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Jika dengan perubahan pola hidup masih tetap tidak memberikan hasil, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan dan penanganan dengan tepat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

 

08 Apr 2019, 13:10 WIB