Gusi Bengkak Dan Bernanah

Info Penanya, pria 21 Tahun

Halo dok,gini gusi saya dalam sebulan usah dua kali bengkak. pertamanya udah letus keluar nanah dan darah,tapi setelah bengkaknya agak reda. itu masih ada terasa sedikit gumpalan diarea gusi,dan sekarang bengkak lagi dok. itu saya harus bagaimana? terima kasih dok.

10 Apr 2019, 14:12 WIB
drg. Wiena Manggala Putri
dijawab oleh: drg. Wiena Manggala Putri

Terima kasih sudah bertanya mengenai gusi berdarah melalui fitur Tanya Dokter.

Kami turut prihatin atas kondisi Anda dan memahami kekhawatiran Anda. Apakah terdapat gigi yang berlubang atau sisa akar gigi?. Gusi yang bengkak dan bernanah dapat terkait suatu keadaan infeksi. Bila terkait keadaan gigi yang berlubang atau sisa akar maka ada kemungkinan yang sedang Anda alami adalah abses yaitu semacam bisul yang berisi nanah. Abses disebabkan oleh infeksi, dan umumnya diawali oleh karies (lubang) gigi yang tidak dirawat sehingga infeksi terus berlanjut hingga ke ujung akar gigi dan akhirnya menginfeksi jaringan pendukung gigi yaitu gusi dan tulang (disebut abses periapikal).

Selain karena karies gigi, abses juga dapat diawali oleh infeksi dan peradangan jaringan pendukung gigi. Kondisi ini umumnya disebabkan karena kebersihan mulut yang buruk, banyak penumpukan plak dan karang gigi sehingga merusak perlekatan gusi ke gigi. Akibatnya bakteri berkembang biak di bawah gusi, menyebabkan abses periodontal.

Cara pengobatannya tentu bergantung pada penyebab. Jika abses merupakan abses periapikal maka gigi penyebabnya harus dirawat, dengan perawatan yang disebut perawatan syaraf (disebut juga perawatan saluran akar/endodontik). Perawatan ini umumnya tidak selesai dalam satu kali kunjungan jadi pasien harus disiplin dalam mematuhi jadwal yang telah ditentukan untuk kunjungan berikutnya.

Ada baiknya pasien cukup kritis saat sedang dirawat, dengan cara meminta penjelasan dari dokter gigi mengenai tahapan perawatan yang dilakukan. Hal ini untuk mencegah kesalahpahaman, karena banyak pasien yang enggan kembali lagi memenuhi kunjungan berikutnya karena gigi sudah tidak ada keluhan padahal perawatan belum sepenuhnya selesai. Perawatan yang tidak sempurna dapat menyebabkan gigi tersebut berpotensi untuk mengalami infeksi kembali di kemudian hari.

Jika abses merupakan abses periodontal maka harus dilakukan pembersihan karang gigi secara menyeluruh, dan ada kemungkinan dilakukan kuretase gusi dan penghalusan akar gigi untuk membersihkan permukaan akar gigi dari karang gigi dan bakteri. Pada kasus seperti ini pasien dapat diberikan obat antibiotik untuk mempercepat penyembuhan. Namun, ada baiknya bila Anda segera berkonsultasi terlelbih dahulu dengan dokter gigi untuk dilakukan pemeriksaan.

Demikian informasi yang dapat diberikan mengenai gusi yang bengkak dan bernanah, Semoga Bermanfaat.

10 Apr 2019, 14:12 WIB