Penyembuhan luka

Info Penanya, wanita 22 Tahun

Dokter, 2 minggu lalu saya terjatuh dari motor. Lutut saya terluka dan agak dalam (luka luar). Awal jatuh ditolong bidan dan mengatakan untuk di jahit. karena saya takut, maka saya tidak mau dijahit. Bagian luka (lecet2) yang lain seperti di area bibir atas, tangan sudah mulai mengering dan mengelupas dengan bantuan obat salep dari puskesmas. Namun yang masih basah tinggal bagian lutut. Pertanyaanya adalah apakah jika luka yang dilutut ini akan sembuh walau tanpa di jahit? Untuk kondisi saat ini, lutut saya tidak saya tutup dengan perban karena dari kemarin sudah ditutup perban namun selalu berdarah dan basah kembali ketika perban dilepas untuk diganti yang baru. Mohon arahannya. Terima kasih

11 Apr 2019, 23:29 WIB
dr. Adeline Jaclyn
dijawab oleh: dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai penyembuhan luka melalui fitur Tanya Dokter. 

Berapa dalam luka yang anda maksud?

Bila memang saat ini luka justru menjadi basah, mengeluarkan cairan, berair, memang ditakutkan hal itu menandakan luka Anda tidak menyembuh dengan baik. Luka yang basah akan mempersulit penyembuhannya dan makin berisiko muncul jaringan parut (scar). Luka yang cukup dalam bisa membutuhkan waktu 1 bulan atau lebih untuk mengering, bila disertai perawatan luka yang baik. Namun bila perawatan luka tidak baik, misalnya luka sering lembab, basah, tidak dikeringkan, justru membuat jaringan kulit maserasi dan dapat ditumbuhi kuman. Bila terdapat infeksi kuman maka tandanya adalah munculnya nanah.

Untuk mendukung proses penyembuhan luka, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka operasi agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) terkait wilayah/anggota tubuh yang mengalami luka (jangan biarkan area luka teregang berlebihan saat Anda beraktivitas), dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Namun tentunya tidak ada kata terlambat dalam merawat luka. Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari). Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kassa lembab yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% atau air masak yang bersih minimal 2x/hari. 

Lalu, yang paling penting adalah untuk berkonsultasi dengan dokter guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan menentukan penanganan yang sesuai.

Ketahui 8 Penyebab Luka Sulit Sembuh

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

11 Apr 2019, 23:29 WIB