Haid Tidak Teratur Setelah Pakai KB

Info Penanya, wanita 28 Tahun

mlm dok mau tanya sya terakhir haid tgl 8 januari 19, saya sebelumnya kb suntik 1 bln.tgl 17 jan 19 saya melakukan suntik kb dan bulan februari sya tdk terjadi haid tgl 14 feb 19 jatwal kb berikutnya tetapi saat tgl tsb suntik kb namun dokter menyarankan sya untuk ganti kb pil soalnya BB saya naik 2 kg bulan wkt it.kemudian sya beralih ke kb pil sampai tgl 13maret ini sya konsumsi pil kb tetapi tdk ada tanda haid jg. apakah ini pengaruh dari kb yg saya jalani atau gimana y dok? terimakasih

12 Apr 2019, 13:58 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah menggunakan tentang efek KB suntik melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.Kontrasepsi suntikan KB mengandung hormon yang berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistem hormon di dalam tubuh. Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan atau bahkan tidak haid. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini.

Pada pemakaian KB suntik, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. Selama dalam waktu 6 bulan-1 tahun maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan 5-7 bulan setelah penghentian suntikan. Namun hal ini berbeda- beda pada setiap individu.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

12 Apr 2019, 13:58 WIB