Haid Tidak Teratur Setelah Suntik KB

Info Penanya, wanita 32 Tahun

selamat pagi pk dokter,mo tanya sebelumnya sy kb menggunakan kb suntik yg 3bln tp sudah 1thn ini saya ganti kb dg kb susuk. haid sy juga tdk lancar tp sudah 10hari ini sy haid blm selesai2 pdh sebelum2 nya sy haid cmn 5hari saja,haid yg ini juga awal mulanya keluar setelah berhubungan...bgm y dok apa bukaan awal penyakit atau apa y dok mohon solusinya

12 Apr 2019, 20:20 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terimakasih telah bertanya tentang KB Suntik dan Gangguan Haid melalui fitur Tanya Dokter.

Salah satu efek samping dari KB suntik yang tergolong sebagai KB hormonal adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik tidak mengalami siklus menstruasi. Setiap individu memiliki efek respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Kontrasepsi suntikan yang diberikan dengan injeksi secara intramuskular setiap bulan adalah kontrasepsi suntikan estrogen-progesteron, mengandung 25 mg depo medroxyprogesteron asetat dan 5 mg estradiol cypionat.

Sudah berapa lama Anda berhenti KB? Sayang sekali Anda tidak menyebutkannya. Kemungkinan keluhan Anda disebabkan oleh penggunaan KB tersebut.

Penggunaan KB suntik yang tidak teratur juga memang dapat menyebabkan gangguan pada siklus haid. Bila Anda tidak nyaman dengan penggunaan KB yang saat ini digunakan maka Anda dapat mengganti metode kontrasepsinya. Pergantian kontrasepsi tentu saja dapat dilakukan jika memang diperlukan, misalkan karena efek samping yang kurang dapat diatasi. Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri langsung ke dokter spesialis kebidanan guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang KB Suntik dan Gangguan Haid. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

12 Apr 2019, 20:20 WIB