TBC

selamat pagi dokter... Tanggal 9 april 2019 saya sudah Rontgen dan hasilny: thorax: jantung dalam batas normal , sinus kanan tumpul, sinus kiri lancip . diafragma kanan dan kiri biasa. Paru- paru tampak kesuraman dilapangan atas paru kanan . concl: kesan KP Kanan + efusi pleura kanan minimal dalam keturunan tidak pernah punya penyakit seperti ini , saya setelah pulang opname di beri obat anti biotik selama 5 hari,. untuk keluhan batuk hanya sesekali , nafas tidak bunyi / mengi , namun keluhan saya mudah lelah dan irama jantung itu lambat . pinggang kanan terasa panas dan punggung sebelah kanan terasa panas. untuk saat ini pusing masih saya rasakan namun sesekali (+) , malam hari kedua kaki terasa panas (+) . dokter beri saya solusi dok.. apa yang harus saya perbuat dengan hasil rontgen tersebut ? apakah saya sudah tergolong TBC atau tidak ? minum obat antibiotik , atau langsung minum obat OAT selama 6 bulan?

Lihat Selengkapnya
pria, 23 Tahun13 Apr 2019, 12:16 WIB

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Dijawab oleh:

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar TBC menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Halo, kami dapat memahami kekhawatiran Anda saat ini.

Tuberkulosis atau TBC adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menular melalui droplet mengandung kuman tuberkulosis, yang dikeluarkan oleh penderita tuberkulosis ke udara terutama saat batuk, bersin, dan berbicara. Kuman dalam droplet dapat bertahan dalam suhu kamar (25-30 derajat celcius), dan menginfeksi setiap orang yang menghirupnya dalam saluran pernapasan. Jadi droplet berbeda dengan air liur. Penggunaan alat makan bersama tidak serta-merta menularkan kuman TBC ini, kecuali telah terkontaminasi droplet dari penderita TBC sebelumnya. . Berjabat tangan pada penderita TBC tentu dibolehkan, namun demikian Anda harus mencuci tangan Anda setelah berjabat tangan, karena media penularan TBC tidak hanya melalui udara melainkan juga melalui cairan seperti tetes ludah dan luka di kulit. 

Tindakan pencegahannya antara lain dengan penggunaan masker (terutama untuk penderita) agar tidak menyebarkan droplet, dan memenuhi asupan nutrisi termasuk multivitamin dan mineral untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Beri pengertian kepada penderita agar senantiasa menutup mulut setiap batuk atau bersin.

Tidak ada pantangan makan untuk penderita tuberkulosis (TBC) paru. Anda dapat mengkonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman selama itu adalah makanan/minuman yang sehat. Bahkan lebih disarankan untuk mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan protein.

Demikian informasi seputar TBC yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.              

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

TBC pada Anak

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk