sinusitis dan odontektomi

Mau tanya dok,jadi saya 4 hari yg lalu telah operasi sinusitis dan pengambilan gigi taring yg tidur di dlm gusi,apa yang boleh dan tidak boleh saya lakukan ya dok? Bolehkah saya minum es?tapi saya ragu sama sinusitisnya Bolehkah saya minum yg anget2?tapi nanti bisa mengganggu pemulihan pembekuan darah Apakah boleh sikat gigi?tapi masih ada darah yg membeku, sebaiknya bagaimana ya dok?

Lihat Selengkapnya
wanita, 14 Tahun13 Apr 2019, 12:49 WIB

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Dijawab oleh:

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar sinusitis dan odontektomi menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Odontectomy sebenarnya tidak terlalu menakutkan karena tidak dilakukan di meja operasi melainkan di ruang praktik dokter gigi, hanya saja yang melakukan adalah dokter spesialis bedah mulut, biusnya juga bius lokal seperti cabut gigi biasa. Selain itu, berbeda dengan operasi lainnya, sebelum odontectomy saya diharuskan makan banyak.

PRA-Odontectomy (Sebelum Tindakan)

1. Makanlah yang banyak. Sebelum tindakan jangan sampai kelaparan. Selain karena tekanan darah bisa turun sebagai efek obat bius, juga karena setelah operasi biasanya kamu akan kesulitan untuk makan  ketika luka masih berdarah dan ketika terasa sakit membuka mulut.

2. Jangan lupa menggosok gigi dan kumur bila perlu, karena gigi harus bersih sebelum operasi.

3. Rileks dan tenanglah.Rasanya memang tidak sakit karena diberi bius lokal. Tetapi kalau tidak rileks atau santai dan banyak bergerak, nanti malah menyulitkan dokter karena orientasi arah dari alat yang digunakan bisa saja terganggu.

PASCA-Odontectomy (Setelah Tindakan)

1. Usahakan setelah operasi langsung pulang ke rumah dan beristirahat, kalau bisa sebelum efek obat biusnya habis.

Karena gigi akan terasa sangat nyeri setelahnya. Terlebih bagi yang memiliki tekanan darah rendah biasanya akan lemas dan agak pusing. Ini saya alami sendiri, jadi lebih baik segera pulang dan beristirahat.

2. Jangan sering meludah, terlebih tepat setelah operasi.Meludah bisa merusak jaringan darah beku yang telah terbentuk menutup luka sehingga pendarahan bisa terjadi lagi. Memang risih tetapi kalau sering meludah, pendarahannya lebih sulit berhenti. Hal ini juga saya alami karena risih menelannya. Akhirnya karena tidak kunjung berhenti darahnya ya saya tahan saja untuk tidak sering meluldah.

3. Jangan berkumur keras-keras, dikulum saja airnya.Berkumur, apalagi dengan keras, bisa merusak jaringan yang baru terbentuk dan juga mengganggu jahitannya. Jadi kalau mau berkumur, airnya dikulum saja, jangan dikumur keras-keras.

4. Kompres dengan air dingin segera setelah operasi untuk membantu menghentikan pendarahan pasca operasi.Setelah operasi, biasanya pipi akan langsung bengkak. Mengompres dengan air dingin atau es batu bisa membantu perdarahan lebih cepat berhenti, juga mengurangi rasa sakit dan bengkaknya. 

Keesokan harinya bisa dikompres dengan air hangat sambil dipijat lembht atau menggerakan mulut perlahan untuk melancarkan aliran darah dan mengurangi kebas atau kaku.

5. Minumlah memakai sedotan.Biasanya akan terasa sakit untuk membuka mulut, lebih baik minumlah dengan sedotan. Selain itu juga agar tidak mengganggu jahitan atau jaringan yang baru terbentuk.

6. Makanlah makanan yang lunak, khususnya beberapa hari setelah operasi.Karena membuka mulut akan terasa sedikit sulit termasuk untuk menguyah makanan, maka makanlah makanan yang lunak, seperti bubur atau makanan berkuah.

7. Hindari makan makanan atau minuman yang panas.Setelah operasi, tidak boleh makan dan minum yang panas-panas. Kalau dingin tidak apa-apa. Mungkin agar tidak memperparah pendarahan dan merusak jaringan yang terbentuk.

8. Jangan membuka mulut terlalu lebar.Kalau rahang dibuka lebar-lebar, selain terasa ngilu, jahitan termasuk luka dan jaringan barunya juga bisa terganggu. Jadi beraktivitaslah dengan sewajarnya saja.

9. Akan ada efek kebas.Ketika gigi dicabut, ada kemungkinan syaraf-syarat tertentu, khususnya di sekitar akar gigi akan terluka. Ketika itu terjadi biasanya akan terasa kebas di beberapa bagian mulut yang terkait dengan syaraf tersebut. Tetapi tidak perlu khawatir, rasa kebas itu akan hilang ketika syarafnya sudah sembuh.

10. Sikat gigi perlahan.Pada bagian gigi yang dekat dengan luka operasi, sikatlah dengan perlahan dan hati-hati. Jangan sampai melukai bagian tersebut.

11. Jaga kebersihan gigi dan mulut, jangan mengorek jahitan.Jangah lupa menggosok gigi setelah makan. Kalau masih ada sisa makanan yang menempel sekitar luka, jangan dikorek dengan sembarangan dan tidak steril. Berkumur saja dan lakukan dengan perlahan, alias dikulum saja. Bisa berkumur dengan air garam atau obat kumur jika ada, supaya mulut lebih bersih.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pada dasarnya mengobati sinusitis bukanlah hal yang mudah. Operasi sinusitis pun tidak menjamin Anda untuk tidak mengalami sinusitis kembali. Namun demikian, sinusitis harus diobati secara tuntas. Selain itu, Anda juga sebaiknya menghindari pencetus sinusitis, diantaranya adalah pilek berulang dan alergi yang Anda derita. Apabila Anda memang menderita sinusitis maka perlu diwaspadai beberapa komplikasi yang dapat terjadi, diantaranya adalah komplikasi intrakranial yang berarti infeksi pada sinus menembus tulang dan menginfeksi jaringan serta cairan otak yang dapat mengakibatkan meningitis atau radang selaput otak. Pada kasus yang lebih parah dapat terjadi 'abses' atau kumpulan nanah pada otak. Komplikasi selanjutnya adalah komplikasi orbita atau mata yang dapat menyebabkan peradangan sampai abses pada mata dengan kemungkinan kebutaan. Ketiga adalah komplikasi vaskular atau pembuluh darah dimana infeksi dapat mengakibatkan aneurisma atau terdapatnya bekuan darah yang terinfeksi di rongga kepala. Selanjutnya dapat terjadi asma, hilangnya sensasi rasa dan bau, serta osteomielitis atau peradangan pada tulang. Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi kembali dengan dokter yang pernah mengoperasi Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait kondisi Anda.

Demikian informasi seputar sinusitis dan odontektomi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.              

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Nafas Berbau dari Hidung

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Bengkak pada Hidung

Dijawab oleh:dr. Dyan Mega Inderawati

Sakit Saat Membuka Mulut Dan Saat Sujud

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

Tulang Pipi Terasa Tertekan, Rahang Terasa Berat Sebelah

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

Pusing terutama ketika nunduk

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk