Mata Buram Setelah Terkena Debu

Info Penanya, wanita 18 Tahun

Assalamualaikum dokter, 2 minggu lalu saya kepantai dengan tidak memakai helm atauoun kacamata, mata saya pas pulang kena debu truk dan seranggga. Lalu saya memakai obat insto tapi ga kunjung membaik lalu saya membeli obat tetes mata dari apotek tapi mata saya makin merah dan gatal seperti ada yang mengganjal, saya juga memakai obat alami dari nenek tapi masih merah dan gatal. Baru baru ini saya ke dokter mata buat cek mata saya, dan diberi 3 obat tablet dan 1 tetes mata. Mata saya gatalnya sembuh tapi setelah satu hari pemakaian saat bangun tidur mata saya sangat buram dan kurang peka cahaya, padahal mata kiri saya hanya minus 0,75. Kenapa ya dokter? Apakah saya bisa seperti biasa, saya takut

15 Apr 2019, 21:07 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima Kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda, Kami menduga mata Anda mengalami keratitis. Keratitis adalah peradangan pada kornea, yaitu jaringan di bagian depan mata yang menutupi pupil dan iris. Keratitis dapat disebabkan oleh cedera yang relatif kecil, seperti goresan kuku, atau pemakaian lensa kontak yang terlalu lama yang dapat menular. Keratitis juga dapat disertai infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur dan parasit. Jika tidak diobati, atau jika infeksi semakin parah, keratitis dapat mengakibatkan komplikasi serius yang secara permanen dapat merusak penglihatan.

Gejala keratitis antara lain: Mata kemerahan, Sakit mata, Keluar air mata, Kesulitan membuka kelopak mata Anda karena sakit atau iritasi, Penglihatan kabur, Sensitivitas terhadap cahaya (fotofobia), Perasaan terbakar atau gatal berpasir di mata Anda, Pembengkakan di sekitar mata, Perasaan bahwa ada sesuatu yang di mata Anda. Keterlambatan diagnosis dan pengobatan keratitis dapat mengakibatkan komplikasi serius, termasuk kebutaan. Segera konsultasikan kepada dokter agar dilakukan pemeriksaan dan penanganan dengan tepat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

15 Apr 2019, 21:07 WIB