Kedutan di Kelopak Mata

Info Penanya, pria 28 Tahun

Dok, mata kanan bagian bawah pas kantung mata, terasa kedutan sudah satu bulan ini. Apakah ini ada sesuatu yg terjadi mengenai saraf atau hanya kedutan biasa? Mengingat jika kedutan biasa hanya akan terasa beberapa kedutan, setelah itu normal kembali. Demikian pertanyaan saya dok. Terima kasih

18 Apr 2019, 13:48 WIB
dr. Andika Widyatama
dijawab oleh: dr. Andika Widyatama

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Kedutan di Kelopak Mata.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Seberapa sering kedutan tersebut muncul? Kedutan di daerah wajah termasuk di daerah mata dan kelopak mata dapat disebabkan oleh fasikulasi atau tik fasialis. Tik fasialis biasanya melibatkan sekumpulan otot wajah. Bila kedutan hanya bagian di bawah mata saja, biasanya disebut tik fasikulasi. Hal yang dapat mencetuskan biasanya adalah hipokalsemia (kekurangan kalsium dalam darah). Cara mengatasinya dapat dengan menambah suplemen kalsium.

Tik fasikulasi yang muncul sewaktu-waktu dan tidak menyebkan keluhan lainnya tidaklah berbahaya. Namun jika sampai menyebabkan kelemahan otot di sekitar mata (mata tidak dapat menutup sempurna, tidak dapat membuka kelopak mata, dsb), Anda perlu berkonsultasi lebih lanjut ke dokter saraf (neurolog) untuk mengatasi hal ini. 

Untuk menambah wawasan Anda, kami sertakan artikel berikut:

Apa Artinya saat Mata Kedutan?

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Kedutan di Kelopak Mata. Semoga bermanfaat.

Salam,

18 Apr 2019, 13:48 WIB