Sering Ngompol Pada Orang Dewasa

Info Penanya, wanita 17 Tahun

Saya mau tanya dok, dulu kata mamah waktu saya kecil saya pernah jatuh dari tangga, dan alat kelamin saya mengalami pendarahan. Dari situ saya sering ga bisa nahan pipis dan saya juga sering ngompol. Udah banyak cara dilakukan buat ngobatin saya biar ga ngompol terus tapi gaada yang berhasil. Saya mulai jarang ngompol di SMP. Dari situ saya hanya ngompol kalo saya mau datang bulan. Biasanya seminggu sebelum datang bulan saya akan rutin ngompol dan bila satu hari saya ga ngompol berarti besoknya saya datang bulan, ini bermula saat saya smk. Saya juga pernah di urut kalo kata orang Sunda mah di Sangsurkeun tapi saya ga kuat saya sampe jerit jerit kesakitan. Apa ini akan berakibat fatal dok? Apa yg harus saya lakukan? Apa ini akan berbahaya? Saya juga sering sakit bahu sebelah kiri sekalipun saya simpan beban tas di sebelah kanan, tapi bahu kiri saya yang selalu sakit kira-kira kenapa ya dok? Apa ini juga dampak dari saya jatuh waktu kecil?

19 Apr 2019, 06:42 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terimakasih Anda telah bertanya tentang mengompol pada orang dewasa melalui fitur Tanya Dokter.

Mengompol atau tidak dapat menahan berkemih dalam dunia kedokteran disebut sebagai inkontinensia urin. Ada beberapa jenis inkontinensia urin, seperti tipe stress, urgency, atau overflow.

Inkontinensia urin jenis stress, yaitu keluarnya sedikit air kemih dalam jumlah sedikit atau banyak karena peningkatan tekanan intra-abdomen (perut) misalnya saat batuk, tertawa, bersin, olahraga, hamil. Peningkatan tekanan intraabdomen akan menyebabkan tekanan di kandung kemih juga meningkat. Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang memiliki kelemahan pada otot panggul, meskipun dapat pula terjadi pada orang normal.

Kondisi lain yang juga dapat menyebabkan inkontinensia urin, adalah:

gangguan otot kemihgangguan sarafinfeksiberat badan berlebihandiabetes melitustrauma pada perut dan panggulUntuk memastikannya, perlu dilakukan pemeriksaan fisik langsung dan mungkin dibutuhkan beberapa pemeriksaan lab atau radiologi. Kami anjurkan teman Anda berkonsultasi dengan dokter urologi untuk mengetahui dan mengatasi penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar mengompol pada orang dewasa. Semoga bermanfaat.

19 Apr 2019, 06:42 WIB