Tidak Bisa Berempati

Info Penanya, pria 27 Tahun

Pertanyaannya tentang psikologis dok, saya ngerasa gk pernah bisa simpati sama orang- orang di sekitar saya yang padahal mereka udh melakukan kebaikan yang luar biasa sama saya, tidak hanya satu atau dua orang, bahkan saya tidak diberikan rasa kagum atau pun suka dengan lawan jenis padahal mereka sudah berusaha membuat saya tertarik dgn berbagai cara yang sebetulnya luar biasa baik, tp hati saya tetap mati rasa... hal ini sudah berjalan satu tahun lamanya, saya merasa tidak nyaman

19 Apr 2019, 06:48 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya mengenai tidak bisa berempati melalui fitur Tanya Dokter

Yang Anda alami mungkin adalah compassion fatigue. Ketika merasakan compassion fatigue, Anda pun kehilangan kemampuan untuk menilai hal-hal yang terjadi dengan maksimal. Apabila dibiarkan berkepanjangan, tentu itu tidak baik untuk kehidupan Anda.

Tak mustahil juga bahwa kondisi tersebut menyebabkan Anda berubah menjadi pribadi yang bertentangan, yaitu apatis. Sebab, Anda sudah telanjur kebal dengan hal-hal berbau kepedulian. Oleh sebab itu, lakukan hal-hal di bawah ini agar Anda rasa empati Anda kembali ke 'kadar normal'.

  • MeditasiIstirahatkanlah diri Anda sejenak sambil memejamkan mata dan mengatur napas dalam agar kembali tenang dan memiliki emosi yang lebih stabil.
  • Berikan batasan pada diri AndaTerlalu sering berempati terkadang bisa membuat Anda dimanfaatkan oleh sejumlah oknum. Maka, beranilah untuk mengatakan tidak bila pada akhirnya itu hanya akan merugikan Anda. Jangan juga terlalu memaksakan segala sesuatu. Terbiasalah untuk membuat batasan supaya Anda mengetahui secara bijak tentang mana yang sepadan dan mana yang tidak.
  • Berliburlah!Tak ada salahnya Anda mengambil waktu untuk 'melarikan diri' sejenak dengan pergi ke tempat yang Anda sukai dan melakukan kegiatan mengasyikkan. Hal itu pasti bisa mengisi ulang semangat dan emosi positif Anda.
  • Bicaralah dengan orang yang Anda percayaiRasa empati yang berlebihan terkadang membuat Anda selalu menjadi pihak yang mendengarkan. Kini, giliran Anda yang mulai didengarkan. Ceritakanlah keluh kesah Anda kepada orang yang Anda percaya. Setelah Anda melakukannya, Anda pasti merasa lebih baik, dan mungkin siap untuk mendengarkan cerita baru lagi.
  • Kelilingi diri Anda dengan orang-orang baikBila Anda ingin menumbuhkan rasa empati, berkumpullah dengan orang-orang optimis, bijaksana, punya kepedulian terhadap sesama makhluk hidup. Niscaya, Anda pun pasti tertular sifat baik itu!
  • Terapkan gaya hidup sehatMengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi serta rajin beraktivitas fisik tentu berdampak baik untuk Anda. Sebab, di balik tubuh yang sehat pasti ada jiwa yang kuat. Setuju?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tidak dapat berempati. Semoga bermanfaat. Salam. 

19 Apr 2019, 06:48 WIB