Cara Menurunkan Tekanan Darah

Info Penanya, pria 31 Tahun

Obat nurutkan darah tinggi yang cepat

22 Apr 2019, 15:12 WIB
dr. Reza Fahlevi
dijawab oleh: dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. berikut ini adalah langkah-langkah sederhana yang dapat Anda terapkan untuk menurunkan tekanan darah Anda agar terhindar dari tekanan darah tinggi:

1. Menurunkan berat badan

Jika berat badan Anda masuk dalam kategori obesitas, Anda harus segera menurunkan berat badan. Memangkas bobot tubuh Anda, dapat membantu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

Cara menurunkan berat badan sebetulnya mudah. Terapkan pola makan sehat dan iringi dengan olahraga rutin. Untuk pola makan, para ahli menyarankan untuk mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh, sekaligus mencukupi konsumsi sayur dan buah.

2. Rutin berolahraga

Ingatlah, olahraga tidak selalu pergi ke pusat kebugaran. Berkebun, mencuci mobil, atau mengerjakan pekerjaan rumah adalah aktivitas fisik yang juga dapat membuat jantung Anda bekerja. Selain itu, Anda juga bisa berjalan santai, menari, bersepeda, dan berenang.

Menurut studi yang pernah dilakukan, seseorang yang melakukan olahraga secara teratur, berisiko lebih rendah untuk terkena hipertensi ketimbang yang jarang berolahraga.

3. Batasi asupan garam

Garam adalah “pelaku utama” terjadinya tekanan darah tinggi. American Heart Associationmerekomendasikan agar orang-orang dengan hipertensi mempertahankan konsumsi garamnya di bawah 1.500 miligram per hari.

Cobalah ganti garam dengan rempah-rempah. Konsumsi juga makanan-makanan yang mengandung potasium, seperti pisang, kismis, tuna, dan susu yang dipercaya dapat menurunkan kadar natrium. Natrium memainkan peran atas terjadinya hipertensi.

4. Jauhi stres

Stres bisa diakibatkan oleh bermacam penyebab seperti kemacetan, masalah dengan pasangan, bos yang pemarah, dan sebagainya. Beragam kondisi tersebut dapat membuat Anda stres dan cemas berkepanjangan. Padahal, menjaga kondisi tubuh untuk tidak stres ternyata berperan penting dalam menjaga tekanan darah.

Tak ada salahnya juga  Anda mencoba olahraga yang bisa melatih tubuh sekaligus pikiran, seperti yoga dan tai-chi. Selain itu, duduk di bawah sinar matahari juga dapat meningkatkan endorfin, hormon yang menimbulkan perasaan senang dan nyaman.

5. Jangan merokok

Tidak merokok adalah hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menjaga tekanan darah, dan khususnya menjaga kesehatan jantung.

Setiap kali Anda merokok maka tekanan darah Anda akan meningkat. Dengan menjaga tekanan darah terus pada kondisi normal, hal ini tentunya akan memperpanjang hidup Anda.

Hipertensi kerap disebut sebagai “pembunuh diam-diam”. Sebab penyakit ini sering kali tidak bergejala sehingga banyak pengidapnya tak tahu jika mereka memiliki tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin agar Anda dapat mencegah dan mengatasinya sejak dini.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat

22 Apr 2019, 15:12 WIB