Cara mengatasi kutil

dokter, ? saya ada kutil di kaki, awalnya kecil, lama2 gatal yang berlebihan, trus dia tumbuh ke dalam kulit, lama2 makin melebar, terasa keras saat di tekan, gimana cara mengobatinya dok?

Lihat Selengkapnya
pria, 21 Tahun22 Apr 2019, 04:36 WIB

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Dijawab oleh:

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Terima kasih telah bertanya seputar penyakit kutil melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran anda. Kutil merupakan tonjolan pada kulit sebagai hasil penebalan lapisan luar kulit yang berlebihan. Umumnya berukuran kecil, meski ada pula yang cukup besar. Kutil bisa muncul di mana saja di bagian tubuh manusia. Dari kaki, punggung, wajah, hingga yang seringkali terjadi pada tangan atau jari tangan. Kelainan kulit jenis ini umumnya kasar saat diraba dan terkadang ditandai oleh adanya titik hitam kecil.

Kutil disebabkan oleh infeksi virus dan ditularkan melalui sentuhan. Anak-anak dan remaja adalah populasi yang cukup rentan terhadap kutil karena sistem daya tahan tubuh mereka yang kadangkala belum stabil. Salah satu penyebab timbulnya kutil adalah infeksi human papillomavirus (HPV). Terdapat lebih dari 100 jenis HPV, namun hanya beberapa yang dapat menyebabkan timbulnya kutil di tangan. Sebagian jenis lain HPV bisa menyebabkan timbulnya kutil pada bagian tubuh lain, dan sebagian jenis lainnya bisa menyebabkan kondisi yang serius seperti kanker leher rahim.

Beberapa cara mengatasi kutil adalah sebagai berikut.

  • Prosedur cairan peeling merupakan terapi obat dengan sejenis asam salisilat dapat diresepkan dokter. Obat oles ini bekerja dengan cara mengangkat lapisan kutil sedikit demi sedikit. Penelitian menunjukkan bahwa asam salisilat lebih efektif bila dikombinasikan dengan terapi pembekuan.
  • Pembekuan (krioterapi). Terapi yang sebaiknya dilakukan oleh ahlinya ini  berupa pelekatan nitrogen cair pada kutil. Terapi pembekuan bekerja dengan cara menimbulkan luka pada dan di sekitar kutil. Setelahnya, jaringan kulit yang mati akan terkikis dalam waktu sekitar seminggu.Metode ini juga dapat merangsang daya tahan tubuh untuk melawan kutil akibat virus. Ada kalanya krioterapi perlu dilakukan lebih dari sekali. Efek samping prosedur berupa rasa nyeri dan perubahan warna kulit pada daerah yang terinfeksi merupakan hal yang normal yang tidak perlu dikhawatirkan.
  • Asam jenis lainnya. Bila asam salisilat atau pembekuan tidak menunjukkan hasil, ada jenis asam lain yang juga biasa digunakan oleh para dokter, seperti asam bikloroasetik atau trikloroasetik. Karena cukup kuat, ada efek samping berupa rasa nyeri dan sensasi terbakar yang juga tak perlu dikhawartitkan.
  • Terapi laser ditujukan untuk merusak pembuluh darah kecil. Dengan cara ini jaringan yang terinfeksi akan rusak dan mati. Kemudian  dengan demikian kutil akan terlepas. 

Sebelum anda memutuskan untuk mengambil langkah apa untuk mengobatinya, ada baiknya anda memastikan jika kelainan kulit tersebut adalah benar adanya kutil dan bukan penyakit kulit lainnya seperti kapalan (kalus). Maka dari itu sebaiknya coba periksakan dengan dokter spesialis kulit anda agar mendapat terapi yang tepat.

Berikut kami sampaikan juga artikel yang berhubungan,agar bisa menjadi referensi lain anda.

Baca Juga

Terima Kasih. Semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Lutut Gatal dan Kapalan

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Kutil di Vagina

Dijawab oleh:dr. Atika

Kutil Di Wajah

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Kutil di sekitar mata

Dijawab oleh:dr. Nabila Viera Yovita

Kutil pada wajah, benarkah?

Dijawab oleh:dr. Nabila Viera Yovita

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk