Tangan Pegal Setelah Imunisasi

Info Penanya, wanita 20 Tahun

Malam dok,saya tadi ke puskesmas minta surat kesehatan untuk nikah,jadi saya di suntik TT,saya di sunrik itu kirakira jam 12.58,dan kenapa ya,saya sekarang ngerasa tangan kesemutan sampe kaya kaku gitu?

24 Apr 2019, 09:39 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan TanyaDokter Klikdokter.com

Keluhan Anda mungkin disebabkan karena KIPI atau kejadian ikutan pasca imunisasi. KIPI tidak selalu berbahaya melainkan efek yang terjadi setelah imunisasi. 

Gejala KIPI yang disebabkan induksi vaksin umumnya sudah dapat diprediksi terlebih dahulu karena merupakan reaksi simpang vaksin dan secara klinis biasanya ringan. Walaupun demikian dapat saja terjadi gejala klinis hebat seperti reaksi shock anafilaktik sistemik dengan risiko kematian. Jenis KIPI dapat terbagi atas :

Reaksi Lokal : nyeri di tempat suntikan, bengkak-kemerahan di tempat suntikan, BCG scar

Reaksi Sistemik : demam, ruam kemerahan, konjungtivitis (radang pada selaput mata), pembengkakan kelenjar parotis (kelenjar ludah di daerah rahang bawah), gelisah, lemas

Reaksi Vaksin Berat : Kejang, trombositopenia (penurunan trombosit), Hypotonis hyporensponsive episode (HHE), persistenst insconsolable screaming, reaksi anafilaksis (shock karena alergi), ensefalopati (peradangan pada otak)

Untuk memperkecil terjadinya KIPI biasanya diupayakan pencegahan transmisi kuman dengan cara melakukan teknik imunisasi yang benar dan memperhatikan kebersihan dan sterilitas dari proses penyuntikan imunisasi.

Saat ini yang dapat Anda lakukan ialah mengompres bekas suntikan dengan air hangat, dan bila dalam waktu tiga hari tidak mengalami perbaikan maka segera berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

24 Apr 2019, 09:39 WIB