Penyebab Penis Gatal

Info Penanya, pria 29 Tahun

Dok knpa setiap malam penis ku slalu gatal ya... Kdang ke garut sampai luka dok... Obat nya apa ya dok Maksih

30 Apr 2019, 11:37 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya tentang penis gatal menggunakan layanan Tanya Dokter

Dari keluhan yang Anda sampaikan yaitu gatal pada kulit kelamin. Sayang sekali informasi yang Anda berikan terbatas, kami belum dapat menyimpulkan diagnosis.  Gatal pada daerah kelamin dapat terjadi karena beberapa hal, diantaranya adalah dermatitis (peradangan pada kulit), infeksi bakteri, atau jamur. Hal ini umumnya dicetuskan karena beberapa faktor risiko, diantaranya adalah kondisi daerah inguinal atau kemaluan yang lembab dan kurang terjaga kebersihannya, gesekan pada daerah paha, dan sering memakai pakaian dalam atau celana ketat yang menimbulkan kelembaban. Kemungkinan lain diagnosis pada Anda salah satu dari psoriasis, neurodermatitis,atau infeksi jamur. Dalam dunia medis, psoriasis adalah penyakit kulit yang ditandai dengan adanya kemerahan dan skuama berlapis(lapisan kulit berwarna putih, dan transparan). Lokasi tersering adalah perbatasan tengkuk dengan rambut, siku, lengan, dan daerah pinggang-pinggul.

Neurodermatitis merupakan peradangan kulit yang menimbulkan gejala gatal, kulit tebal dan garis kulit menonjol menyerupai kulit batang kayu akibat garukan dan gosokan berulang. Penderita mengeluh gatal sekali dan bila timbul malam hari dapat menggangu tidur. Pemderita baru merasa enak setelah luka, baru hilang gatal untuk sementara. Lokasi tersering penyakit ini adalah kulit kepala, tengkuk, samping leher, pubis, vulva, skrotum, lutut, punggung kaki, dan pergelangan kaki. Terapi untuk kelainan ini adalah antiradang seperti steroid dan penderita harus diedukasi untuk tidak menggaruk karena akan memperparah penyakit.

Jamur dermatofita E.Floccosum, T. Rubrum, dan T. Mentagrophytes menyebabkan tinea kruris (jamur di daerah selangkangan). Biasanya mengenai daerah selangkangan atau sisi paha atas bagian dalam, dapat terjadi di kedua paha atau di salah satu paha saja. Keluhan utama adalah rasa gatal yang dapat hebat, terlebih jika kondisi kulit berkeringat. Lesi berbatas tegas, tepi meninggi yang dapat berupa bintil-bintil kemerahan atau lenting-lenting kemerahan, atau kadang terlihat lenting-lenting yang berisi nanah. Bagian tengah menyembuh berupa daerah coklat kehitaman bersisik. Garukan terus-menerus dapat menimbulkan gambaran penebalan kulit.

Jamur lain yang sering mengenai daerah lipatan kulit, terutama ketiak, bagian bawah payudara, bagian pusat, lipat bokong, selangkangan, dan sela antar jari; adalah candida. Dapat juga mengenai daerah belakang telinga, lipatan kulit perut, dan glans penis (balanopostitis), sela jari tangan biasanya antara jari ketiga dan keempat, pada sela jari kaki antara jari keempat dan kelima. Keluhan berupa gatal yang hebat, kadang-kadang disertai rasa panas seperti terbakar dan basah. Terapi untuk penyebab jamur adalah dengan pemberian antijamur minum dan oles seperti miconazole.

Untuk memastikan diagnosis, kami sarankan Anda mengunjungi dokter umum atau dokter spesialis kulit untuk wawancara medis lebih mendetil, pemeriksaan fisik untuk melihat ciri-ciri lesi kulit dan pemeriksaan penunjang untuk menentukan diagnsosinya untuk menentukan pengobatan yang tepat. Salah pemberian obat dapat memperburuk gejala yang dirasakan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

30 Apr 2019, 11:37 WIB