Ingin Cepat Hamil

Dok , aku udah nikah 4 bulan tapi masih belum hamil juga. Setiap haid selalu merasa nyeri yang hebat, akhirnya priksa ke dokter dan dirujuk usg takut ada apa2. Tapi setelah usg tidak ditemukan adanya penyakit. Terus saya diberi obat Vitamam dan Norestil, katanya untuk cepat hamil dan menghilangkan nyeri. Tapi setelah satu bulan dan haid lagi nyeri masih datang, tadi saya kontrol dan usg lagi , lalu di suruh membeli obat Microgynon, Mefinal dan Xidane . Bukannya microgynon itu obat KB? Kan itu malah menunda hamil, padahal saya ingin cepat hamil. Apakah saya tetap harus membeli obat itu atau tidak? Dan mohon berikan penjelasan atas kasus saya dok. Terimakasih

Lihat Selengkapnya
wanita, 21 Tahun04 Mei 2019, 12:09 WIB

dr. Devia Irine Putri

Dijawab oleh:

dr. Devia Irine Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Usaha-usaha yang dapat Anda lakukan dalam memperoleh keturunan diantaranya adalah dengan melakukan hubungan seksual di sekitar masa subur Anda. Masa subur adalah masa di mana telah terjadi ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur). Untuk mengetahui kapan masa subur, Anda harus mengetahui berapa rata-rata siklus haid Anda dari 3-6 siklus haid terakhir. Jika siklus menstruasi Anda berlangsung teratur selama 27-28 hari, maka waktu terjadinya ovulasi adalah perkiraan Hari Pertama Haid Berikutnya dikurangi 14 hari. Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika Anda melakukan hubungan seksual pada masa-masa itu. Kemudian Anda dan pasangan juga perlu melakukan hubungan seksual yang teratur 2-3 x/minggu.

Di samping itu, yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan bagi Anda dan suami adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Perlu juga diperhatikan: 

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.

Apabila setelah satu tahun melakukan hubungan intim secara teratur (2-3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi kehamilan belum juga terjadi, perlu dicari penyebab yang mendasari baik dari pihak Anda maupun suami. Anda dapat  menjalani pemeriksaan hormonal, USG rahim, atau HSG. Untuk suami, dapat dilakukan pemeriksaan analisa sperma baik secara kualitas maupun kuantitas. Apabila ditemukan adanya kelainan agar dapat segera ditatalaksana sesuai penyebabnya. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda dan suami berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan (untuk istri) dan dokter spesialis andrologi (untuk suami) untuk tatalaksana yang lebih optimal.

Microgynon memang merupakan salah satu jenis KB hormonal, akan tetapi dengan penggunaan pil KB diharapkan siklus menstruasi bisa teratur sehingga akan lebih mudah menentukan masa subur. Dengan masa subur yang mudah diketahui maka anda bisa melakukan hubungan intim pada masa subur agar kemungkinan hamil lebih besar. Jika Anda ragu, Anda dapat bertanya kepada dokter spesialis kandungan dan kebidanan yang telah memberikan resep.

Baca Juga

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam sehat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Obat Inseminasi

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Obat flu dan program hamil

Dijawab oleh:dr. Nabila Viera Yovita

Obat influenza dan program hamil

Dijawab oleh:dr. Nabila Viera Yovita

Program Hamil yang Tepat

Dijawab oleh:dr. Dyan Mega Inderawati

Program Hamil

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

4 KOMENTAR

Avatar
Rika sari
18 Hari Lalu

selamatt siang dok.. saya sudah lepass kb suntik selama 2 taon lebih..dan sekarang saya udah tidak kb lagi ..tapi sampai sekarang saya tidak hamil2 dok.. saya perna telatt haid dok ..saya tes positif tapi masi samar2..dan besok nya lagi saya tes negatif dok..itu knpa ya dok..waktu dapett kan anak pertama saya gmpang dok ..tapi mau dapett kan anak k dua kok susah ya dok .. mohon berika penjelasn atas pertanyan saya dok..... terimkasih

Avatar
Rika Anggraini
9 Bulan Lalu

Selamat sore Dok.. sya mau tnya,saya dan suami sudah nikah kurang lbh 9 bulan tpi msih blum kunjung hamil. Sya pun prnah mncoba promil dgn madu pnyubur, susu prenagen dan asam folat tpi hasilny tetap negatif. Stiap bulan sya haid kdang2 prut rsanya nyeri dan kadang2 tidak. Tpi sya blum prnah periksa (konsultasi) ke dokter. Mohon berikan penjelasan atas pertanyaan saya dok. Terimakasih.

Avatar
isma elmawati
10 Bulan Lalu

dok saya sdh 13th menikah. 1th lalu saya kedokter untuk program.suami cek sperma ada kendala baik,klu saya saluran telur kerahim terlalu panjang 11cm.trus dok yg memeriksa hsg bil bisa dilakukan inseminasi biar memudahkan jalan sperma ketelur , juga sebagian tumpah dimasukan cairan ke tuba falopi sedang dokter yg menangani saya bil harus operasi laporoskopi.secara tdk langsung dok yg menangani saya ,aku tdk trlalu sreg karena buru2 klu konsultasi.saya binggung apa yg hrs saya lakukan,terimakasi

Avatar
Encieef Cieef
10 Bulan Lalu

selamat dok ,saya pengen cepat hamil sudah penantian 2tahun 8bulan belum juga dapat momongan gimana caranya dok

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk