Sering BAK saat menstruasi

Info Penanya, wanita 19 Tahun

Hai dok, apakah normal jika saat haid darah yang keluar sangat sedikit dan bahkan setelah habis masa haid pun perut masih terasa nyeri?Lalu frekuensi buang air kecil saya benar2 meningkat sejak kemarin, padahal saya sama sekali tidak minum. Apakah ini tanda infeksi saluran infeksi kemih dok? Terimakasih atas perhatiannya.

05 May 2019, 16:33 WIB
dr. Nabila Viera Yovita
dijawab oleh: dr. Nabila Viera Yovita

Terima kasih telah bertanya seputar sering BAK saat menstruasi menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah terdapat keluhan lain seperti nyeri ketika haid, dan lainnya? Siklus menstruasi normal berlangsung antara 21-35 hari, dengan keluarnya darah menstruasi selama 2-8 hari, volume berkisar 20-60 ml per hari, atau sekitar 2-3 kali ganti pembalut.

Mengenai frekuensi buang air kecil yang meningkat terjadi akibat proses penyesuaian tubuh kembali dengan hormon yang bekerja. Ketika estrogen meningkat, yakni sebelum menstruasi berlangsung, tubuh melakukan penyimpanan air yang banyak sehingga salah satu fungsinya menjadi bantalan, karena tubuh bersiap untuk kehamilan. Perhatikan, kemungkinan besar berat badan anda akan meningkat menjelang menstruasi, yang diakibatkan volume air yang disimpan lebih dalam tubuh. Namun, ketika terjadi menstruasi, estrogen kembali menurun dan tubuh kembali melepaskan cairan yang berlebih dalam bentuk keringat berlebih, hingga buang air kecil yang frekuensinya meningkat. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan dan termasuk proses normal yang dialami tubuh. 

Mengenai keluhan nyeri perut, perlu ditelurusi lebih lanjut bagaimana ciri nyerinya? Apakah sifatnya nyeri tajam atau tumpul? Apakah nyeri tersebut konstan atau hilang timbul? Hal-hal apa saja yang membuat nyeri bertambah maupun berkurang? Dan apakah ada waktu-waktu tertentu nyeri itu muncul?

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai sering BAK saat menstruasi. Semoga bermanfaat. Salam

 

05 May 2019, 16:33 WIB