Trombositosis

Info Penanya, wanita 34 Tahun

Assalamualaikum,,dokter ini anak saya habis tes lab ternyata hasil nya trombosit 530000 leukosit 18600 lainnya bagus,,normalkah?

06 May 2019, 10:19 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terima kasih telah bertanya seputar trombositosis menggunakan layanan e-konsultassi dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Trombosit merupakan salah satu komponen darah yang berfungsi dalam proses pembekuan darah. Jumlah trombosit normal dalam tubuh manusia yaitu 200.000-400.000. Bila kurang dari normal dapat menyebabkan perdarahan karena fungsi pembekuan darah pada tubuh berkurang.

Sedangkan Jumlah trombosit yang lebih dari 400.000 disebut dengan trombositosis. Bila tidak jelas penyebabnya, bukan dikarenakan penyakit lain maka disebut trombositosis esensial. Pada trombositosis esensial, jumlah trombosit seseorang dapat mencapai 1.000.000.  Keadaan ini harus segera ditangani karena trombositosis ini dapat menyebabkan gangguan penyumbatan maupun perdarahan.

Penyakit ini biasa timbiul pada usia tua yaitu 50 – 70 tahun, namun tidak menutup kemungkinan untuk terjadi pada anak-anak dan remaja. Pada umumnya penyakit ini tidak menimbulkan gejala apa-apa. Biasanya diketahui oleh pasien saat sedang check-up rutin.

Dari hasil pemeriksaan darah dapat diketahui jumlah trombosit pasien. Bila ada gejala, biasanya gejala yang timbul adalah:

·         Penyumbatan Gejala penyumbatan seperti tangan dan kaki kram.

·         Nyeri dada, atau terjadi stroke Hal ini terjadi karena trombosit yang merupakan faktor pembekuan berkumpul di pembuluh darah karena jumlahnya yang berlebihan sehingga menyumbat aliran darah.

·         Pendarahan Atau dapat pula yang timbul adalah gejala perdarahan seperti perdarahan pada saluran cerna atau perdarahan pada kulit (muncul ruam-ruam kemerahan). Hal ini dapat disebabkan karena trombosit dengan jumlah banyak tersebut berbentuk tidak normal sehingga fungsinya sebagai faktor pembekuan juga terganggu.

Apabila terdapat gejala-gejala tersebut tentunya dibutuhkan perawatan di RS. Namun bila tidak, trombositosis umumnya dapat diterapi dengan obat-obatan oral dan dapat rawat jalan. kami sarankan anak Anda untuk terus dapat melakukan konsultasi dengan dokter spesialis penyakit anak, bila perlu subspesialis hemato onkologi. Anak Anda perlu penanganan berkala dan bekelanjutan, dan sebisa mungkin menghindari obat herbal. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan seputar trombositosis, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

 

06 May 2019, 10:19 WIB