Gusi Bengkak Karena GIgi Bungsu Tumbuh

Info Penanya, wanita 25 Tahun

dok, sy sudah hampir satu minggu menahan sakit gusi bengkak di geraham bungsu sy.. jd gusi sy menutupi sparuh gigi sy. rasa sakitnya terus ke pipi, leher dan tenggorokan, dan sy beli asam mefenamat utk pereda nyeri.. memang berhasil pas sakit sy minum itu bs tdk skit dok, tp sakitnya sering..otomatis hrs sering minum obat, tapi gusinya tidak kunjung sembuh...olh krn itu sy ke dokter gigi, dikasih amoksilin sm asam mefenamat jg... ada yg bilang harus operasi..bnrkah dok? sy takut.... pertanyaan kedua, bbrp bulan yg lalu gigi sy copot satu dok..tp mninggalkan sisa akarnya gitu... nah disisa akar itu sy sering mnemukan nanah, tp tdk sakit atau nyeri dok.. apa yg harus sy lakukan dok? sblmnya terimakasih...

06 May 2019, 19:45 WIB
drg. Wiena Manggala Putri
dijawab oleh: drg. Wiena Manggala Putri

Terima kasih sudah bertanya tentang Gusi bengkak karena gigi bungsu tumbuh melalui fitur Tanya dokter.

Kondisi yang sedang Anda alami dalam bahasa medis disebut Operkulum, dimana terdapat gusi di sekitar mahkota gigi molar (geraham) menutupi sebagian mahkota geraham. Tindakan pengambilan gusi ini disebut Operkulektomi. Molar tiga normalnya baru tumbuh sekitar usia 18 tahun keatas, karena gigi lain sudah tumbuh maka biasanya gigi molar tiga tidak kebagian tempat pada rahang sehingga tidak tumbuh pada posisi normal atau bahkan tidak tumbuh sama sekali. Pada kasus Anda, gigi molar tiga tumbuh tapi baru sebagian, sedangkan masih ada permukaan mahkota gigi yang tertutup gusi. Dokter gigi anda mengambil sebagian gusi bertujuan agar mahkota gigi bungsu dapat tumbuh ke permukaan dengan lebih mudah.

Selain itu sisa makanan mudah terjebak pada daerah tersebut sehingga sulit dibersihkan, dan sela-sela antara gusi dan gigi tersebut menjadi tempat yang kondusif bagi pertumbuhan bakteri penginfeksi apalagi dengan adanya sisa makanan. Kondisi ini bisa menyebabkan gusi meradang dan terinfeksi sehingga gusi membengkak, disebut Operkulitis. Keadaan ini dapat menimbulkan bau mulut, terasa sakit saat tergigit, bahkan pada kasus berat pembengkakan ini dapat menjalar hingga ke pipi dan leher, menyebabkan pembengkakan kelenjar limfe leher, dan kesulitan membuka mulut.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

06 May 2019, 19:45 WIB
Tanya Dokter
Jahitan Lepas Pasca Operasi Gigi Bungsu
Tanya Dokter
Gigi Bungsu Tumbuh Miring Apa Harus Dicabut Selagi Tidak Sakit?
Tanya Dokter
Menangani Sakit Pada Gigi Bungsu Yang Sebagian Tertutup Gusi
Tanya Dokter
Pasca Operasi Gigi Bungsu
Tanya Dokter
Pencabutan Gigi Bungsu
Tanya Dokter
Pencabutan Pada Gigi Bungsu
Tanya Dokter
Gigi Geraham Bungsu Tumbuh Tidak Sempurna
Tanya Dokter
Sisa Akar Gigi Bungsu Yang Tertinggal
Tanya Dokter
Gigi Geraham Bungsu Tumbuh Miring
3 Makanan yang Dianjurkan setelah Operasi Gigi Bungsu (pikselstock/Shutterstock)
Info Sehat
3 Makanan yang Dianjurkan setelah Operasi Gigi Bungsu