Terlambat Haid dan BAB Berdarah

Info Penanya, wanita 24 Tahun

Hallo dok, saya mau nanya hari ini saya BAB keluar darah segar dan ada darah yang menggumpal kehitaman. BAB.nya Memang agak sedikit keras, terus 5 hari yang lalu saya mengalami sakit punggung dan sakit perut. Dan bulan lalu menstruasi saya tidak seperti biasanya. Memang sering telat tapi biasanya cuman 2-5 hari. Kemaren telat hampir 2 mingguan lalu yg keluar coklat kehitaman . Apakah yang saya alami itu berkaitan ? Mohon penjelasannya dok. Terimakasih

08 May 2019, 15:35 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar Terlambat Haid dan BAB Berdarah menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Haid yang telah terlambat dalam hitungan bulan tentu perlu dicari penyebabnya. Normalnya siklus haid seorang wanita berlangsung setiap 21-35 hari selama 3-7 hari dengan jumlah perdarahan yang keluar berkisar antara 20-60 ml/hari. Jika siklus haid terjadi diluar batas-batas normal yang telah disebutkan diatas secara berulang, berarti telah terjadi gangguan dalam proses menstruasi dan hal ini perlu dievaluasi lebih lanjut. Banyak hal yang dapat menyebabkan siklus haid menjadi terlambat, antara lain:

  • Stress dan depresi
  • Nutrisi yang kurang
  • Penurunan berat badan berlebihan
  • Olahraga berlebihan
  • Obesitas
  • Gangguan hipotalamus dan hipofisis sehingga terjadi ketidak seimbangan hormon dalam tubuh
  • Gangguan indung telur
  • Penggunaan obat-obatan, seperti obat antidepresi, kortikosteroid, kontrasepsi oral, dll
  • Penyakit kronik dan Sindrom Asherman
  • Hamil 

Bagaimana dengan aktivitas Anda akhir-akhir ini? Adakah kegiatan fisik yang terlalu berat? Anda dapat memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan horrmon. Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan. Apakah ini pertama kalinya siklus haid Anda terlambat? Apakah selama ini siklus menstruasi Anda teratur?

Sejak kapan keluhan BAB berdarah terjadi? Bagaimana warna BAB, merah segar atau kehitaman? Apakah ada gejala lain seperti mual, muntah, berat badan turun drastis, nyeri perut, demam? Apakah Anda memiliki riwayat sering mengkonsumsi obat-obat anti nyeri? Apakah darah keluar setelah selesai buang air besar? Menetes? Berapakah perkiraan banyak darah yang keluar? Ataukah darah keluar bersamaan dengan tinja? Apakah disertai rasa nyeri perut? Adakah rasa nyeri di daerah anus? Apakah mengalami kesulitan buang air besar? Apakah diare?

Pertanyaan-pertanyaan ini perlu dijawab karena buang air besar dengan darah dapat menjadi pertanda dari beberapa jenis penyakit, seperti infeksi (disentri), hemoroid (ambeien), kanker kolon, inflamatory bowel disease, lecet pada daerah anus karena feses yang keras, dan lain lainnya.

Pada infeksi (disentri) biasa disertai dengan diare, nyeri perut dan terkadang demam dan darah biasanya keluar bersamaan dengan tinja. Pada hemoroid biasanya darah keluar setelah selesai buang air besar, terdapat kesulitan buang air besar, darah sering kali hanya menetes, dan dapat dijumpai adanya benjolan yang ikut keluar dari anus. Pada kanker kolon, biasanya darah keluar dalam jumlah agak banyak dan disertai rasa nyeri pada saat buang air besar, dapat disertai diare ataupun tinja yang berbentuk kecil-kecil.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter. Dokter dapat melakukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan. Penegakkan diagnosis secepat mungkin dapat mencegah banyak komplikasi yang tidak diinginkan. Anda juga dapat segera mendapatkan penanganan yang tepat dan optimal. Jika perdarahan dibiarkan, dapat menyebabkan anemia, kehilangan cairan, sampai penurunan kesadaran.

Demikian informasi seputar Terlambat Haid dan BAB Berdarah yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.              

 

08 May 2019, 15:35 WIB