Gejala Tuberkulosis

Batuk sesak nafas di cuaca dingin Adehardyanto Assalamualaikum , halo dok saya ingin bertanya mengenai keluhan saya, Saya mahasiswa Umur 22 tahun, saya mengalami batuk batuk yg batuk nya agak dalam disaat menjelang malam hari diwaktu cuaca dingin, saya mengalami keluhan ini sudah lama tapi beberapa waktu terakhir daya tubuh saya agak menurun sehingga saya cepat demam dan sakit, dok saya mau bertanya apakah ciri ciri berikut merupakan ciri ciri umum tbc yg saya alami :1. Batuk-batuk yg dalam, menjelang malam hari.2. Sering bersin ketika cuaca dingin.3. Hidung yg sering terasa gatal.4. Sesak nafas saat cuaca dingin.5. Sering mengalami hidung tersumbat.6. Sering demam.7. Cepat kelelahan.8. Batuk dengan dahak yg sedikit.9. Sering merasakan badan tidak fit. saya merasakan tidak nyaman dengan kondisi saya dok, kuhan tersebut munculnya kebanyakan disaat berada di daerah cuaca dingin, disaat di daerah cuaca panas tidaksemuadari ciri-ciri tersebut saya alami, Mohon jawabannya dok, Terimakasih. dan saya tidak perokok dok.

Lihat Selengkapnya
pria, 22 Tahun12 Mei 2019, 08:56 WIB

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Dijawab oleh:

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar Gejala Tuberkulosis menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman Mycobacterium tuberculosis yang bersifat sistemik, yang dapat bermanifestasi pada hampir semua organ tubuh dengan lokasi terbanyak di paru yang biasanya merupakan lokasi infeksi primer. TBC ditularkan melalu airbone/udara.

Tuberkulosis dapat dikalsifikasikan menjadi TB paru dan TB di luar paru (ekstra paru). Tujuan melakukan klasifikasi penyakit dan penderita adalah penting untuk menetapkan panduan OAT yang sesuai. Klasifikasi penyakit dan tipe penderita dilakukan sebelum pengobatan dimulai.

Tuberkulosis Paru

Tuberkulosis paru adalah tuberkulosis yang menyerang jaringan parenchyma paru, sebab itu TB pada selaput paru (pleura) atau TB pada kelenjar hilus dianggap sebagai TB Ekstra Paru. Bila penderita TB paru juga bisa mengalami TB Ekstra Paru, maka untuk kepentingan pencatatan maka penderita tersebut hanya dicatat sebagai penderita TB paru. Berdasarkan hasil pemeriksaan dahak, TB paru dapat dibagi menjadi :

TB paru BTA positif, yaitu bila sekurang-kurangnya 2 dari 3 pemeriksaan sediaan dahak SPS hasilnya positif atau sediaan dahak hasilnya BTA positif dan pemeriksaan foto rontgen dada menunjukkan gambaran tuberkulosis aktif.TB paru BTA negatif rontgen positif, yaitu bila semua sediaan dahak SPS hasilnya negatif tapi foto rontgen ada menunjukkan gambaran TB aktif. TB paru BTA negatif rontgen positif dibagi berdasarkan tingkat keparahan penyakitnya, yaitu bentuk berat dan ringan. Bentuk berat bila gambaran foto rontgen dada memperlihatkan kerusakan paru yang luas, seperti adanya proses milier dan atau keadaan umum penderita buruk.

TB Ekstra ParuTB Ekstra paru adalah tuberkulosis yang menyerang organ lain selain paru, misalnya pleura, selaput jantung, selaput otak, persendian, limfa, kulit, tulang, ginjal, usus, alat kelamin, saluran kemih, dan lain-lain.

TB ekstra paru dibagi menurut tingkat keparahan yaitu :

TB ekstra paru ringan, misalnya TB kelenjar limfa, tulang (kecuali tulang belakang), sendi, dan kelenjar adrenal.TB ekstra paru berat, misalnya meningitis, milier, perikarditis, perioritis, tulang belakang, usus, saluran kencing, dan alat kelamin.

Pengobatan TB memang membutuhkan kedisiplinan dan waktu yang panjang. Hingga kini, belum ada obat TB terbaru yang dapat menyembuhkan TB dalam waktu yang singkat. Seseorang dengan TB harus menuntaskan pengobatan yang lama tersebut hingga benar-benar dinyatakan terbebas dari penyakit TB. Lama pengobatan TB pada penderita dapat berkisar 6- 9 bulan, tergantung dari jenis TB dan respon penderita terhadap pengobatan. Sejauh ini, jenis obat TB yang efektif memang kombinasi dari penggunaan empat obat-Rifampisin, INH, Pirazinamid, dan Etambutol, ditambah dengan suntikan Streptomisin pada mereka yang tergolong dalam Penderita TB kategori 2 ( pasien kambuh, gagal ataupun dengan riwayat pengobatan terputus).

Demikian informasi seputar Gejala Tuberkulosis yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.              

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

TBC

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Tanda dan Gejala TBC Kambuh

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

TBC pada Anak

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Tuberculosis Pada Ibu Menyusui - #247417

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk