terlambat suntik KB

Info Penanya, wanita 22 Tahun

Dokter, saya mau tanya.. saya telat suntik KB, seharusnya tgl 4 sudah suntik tapi sampai sekarang belum suntik karena lupa.. bagaimana menurut dokter ? Tapi selama terakhir mens sampai detik ini saya belum berhubungan intim dengan suami...

14 May 2019, 09:24 WIB
dr. M. Dejandra Rasnaya
dijawab oleh: dr. M. Dejandra Rasnaya

Terima kasih telah bertanya tentang Terlambat Suntik KB melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Kontrasepsi suntikan adalah cara untuk mencegah terjadinya kehamilan dengan melalui suntikan hormonal. Kontrasepsi hormonal jenis KB suntikan ini di Indonesia semakin banyak dipakai karena kerjanya yang efektif, pemakaiannya yang praktis, harganya relatif murah dan aman.

Sebelum disuntik, kesehatan Anda harus diperiksa dulu untuk memastikan kecocokannya. Suntikan diberikan saat ibu dalam keadaan tidak hamil. Umumnya pemakai suntikan KB mempunyai persyaratan sama dengan pemakai pil, begitu pula bagi orang yang tidak boleh memakai suntikan KB, termasuk penggunaan cara KB hormonal selama maksimal 5 tahun. Suntikan diberikan 7 hari pertama saat periode menstruasi Anda. Saran kami adalah anda boleh melanjutkan suntik KB tersebut sesuai dengan yang dianjurkan karena tujuan awal memang untuk mencegah kehamilan dan anda belum berhubungan lagi.

berikut saya sertakan artikel sehubungan hal ini yang dapat anda baca:

memilih kontrasepsi

baik IUD atau KB suntik?

perhatikan hal ini sebelum KB

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Terlambat Suntik KB. Semoga bermanfaat.

14 May 2019, 09:24 WIB