Haid Tidak Lancar Selepas KB

Info Penanya, wanita 23 Tahun

Siang dok, saya mau tanya, saya kan hamil 3 bulan dikuret karena janin tidak berkembang, kemudian saya kb yg 1 bulan selama 5 bulan, pada saat kb mens lancar tapi setelah lepas kb mens tidak lancar dan sering ngflek, itu kira-kira kenapa ya dok? Mohon penjelasannya. Terimakasih.

18 May 2019, 17:01 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter seputar masalah haid yang tidak lancar selepas KB.

KB suntik 1 bulan termasuk ke dalam golongan KB hormonal. Pemberian maupun penghentiannya akan sedikit banyak mengganggu keseimbangan hormon reproduksi dalam tubuh. Jadi, memang wajar terjadi flek-flek karena KB suntik sifatnya akumulatif. Saat ini, tubuh Anda masih belum bebas dari efek KB suntik tersebut.

Secara teori, haid akan kembali dalam 2 minggu setelah KB hormonal dihentikan. Tetapi kenyataannya, ini bisa bervariasi dari 3 bulan hingga 1 tahun setelah dihentikan. Siklus haid yang telah kembali normal/teratur merupakan indikator kembalinya kesuburan.

Agar haid teratur kembali, cara pertama adalah wait and see dan cara kedua adalah dengan mengonsumsi pil KB. Tetapi sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk hal ini.

Demikian informasi yang dapat diberikan seputar masalah haid yang tidak lancar selepas KB, semoga bermanfaat.

Salam sehat

18 May 2019, 17:01 WIB