Gigi Bungsu Berlubang dan Goyang, Ditambal atau Dicabut ? 21 Mei 2019 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Gigi Bungsu Berlubang dan Goyang, Ditambal atau Dicabut ?

Dok gigi atas saya bagian paling belakang goyang dan berlubang, lalu bagian luar dekat gusi saya juga agak berlubang sedikit, apakah gigi saya harus dicabut? Atau bisa dilakukan penambalan? Terimakasih dok

Lihat Selengkapnya
wanita, 20 Tahun21 Mei 2019, 11:42 WIB

drg. Callista Argentina

Dijawab oleh:

drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya seputar gigi bungsu berlubang dan goyang, ditambal atau dicabut melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami ingin menjelaskan sedikit mengenai gigi yang berlubang. Gigi yang berlubang memang tidak boleh dibiarkan tanpa mendapatkan perawatan dari dokter gigi, karena dapat berdampak serius bagi kesehatan gigi itu sendiri dan kesehatan tubuh. Perawatan yang diperlukan pada gigi Anda tentu saja baru dapat ditentukan ketika sudah dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi. 

Dokter gigi akan memeriksa kedalaman lubang gigi, apakah gigi masih dapat ditambal atau tidak, karena posisinya sulit memungkinkan ditambal atau tidak. Selain itu faktor lainnya apakah jika gigi tersebut dipertahankan akan berguna untuk pengunyahan atau tidak. Jika posisinya miring tentu tidak berguna untuk pengunyahan dan akan menyulitkan pembersihan gigi. Dan juga apabila berhasil ditambal, apakah sulit untuk disikat atau tidak, apakah akan timbul lubang gigi baru karena kurangnya pembersihan gigi. Jadi jika dengan menambal gigi bungsu tersebut akan beresiko untuk rusak lagi atau tidak bertahan lama, juga berisiko menjadi sakit atau bengkak maka lebih baik gigi tersebut di cabut.

Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada gigi Anda didokter gigi agar kondisi gigi bungsu anda dapat ditangani dengan tepat.

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

- Gigi Bungsu Tumbuh Tidak Normal Dan Berlubang

- Gigi Bungsu

Tips Pemulihan setelah Operasi Gigi Bungsu

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi bungsu berlubang dan goyang, ditambal atau dicabut, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Tambal Gigi Saat Berpuasa

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Gusi Bengkak Karena GIgi Bungsu Tumbuh

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Jahitan Lepas Pasca Operasi Gigi Bungsu

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Obat Sakit Gigi Yang Ampuh Karena Gigi Berlubang

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

Mengatasi Gigi Berlubang

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

2 KOMENTAR

Avatar
winda ayu lestari
2 Tahun Lalu

dok, gigi saya paling belakang lubang dan sedikit goyang. kata dokter gigi saya harus di cabut. tapi gigi saya tidak bisa di cabut karena masih terasa nyeri ketika akan di cabut. bagaimana ya dok caranya menghilangkan rasa nyeri nya? saya sudah minum obat penghilang rasa nyeri yang di berikan oleh dokter gigi saya, namun tidak berpengaruh (gigi saya masih terasa nyeri). mohon bantuan nya 🙏

Avatar
Elza gustiana
2 Tahun Lalu

dok, mau tanya cabut gigi geraham harganya brpa ya

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat