Ingin Ganti Suntik KB Jadi Pil KB

Malem dok saya mau tanya Kemaren kan tgl 18 jadwalnya suntik KB nah sampai tgl 20 hari ini saya blm suntik dan mau ganti pake pil KB merk mikroginon . Nah yang mu di tanyakan mulai di minumnya di warna apa ya dok ?

Lihat Selengkapnya
wanita, 26 Tahun23 Mei 2019, 10:20 WIB

dr. Sepriani Timurtini Limbong

Dijawab oleh:

dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Pada pemakaian KB suntik 3 bulan (KB suntikan progestin), siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. Selama dalam waktu 6 bulan-1 tahun maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan 5-7 bulan setelah penghentian suntikan.

Namun jika Anda ingin mengganti KB suntik menjadi pil, Anda bisa mengganti suntik KB menjadi pil KB secara langsung pada saat jadwal penyuntikan Anda yang selanjutnya.

Pil KB ada yang terdiri dari 21 pil dan 28 pil, dimana terbagi menjadi 21 pil hormon dan 7 pil plasebo. Jika Anda menggunakan pil KB 28 butir, Anda harus meminum pil tersebut setiap hari tanpa henti. Jika Anda mengonsumsi pil KB 21 butir, Anda akan mengalami masa kosong minum pil selama 7 hari.

Penggunaan pil KB memerlukan jadwal yang sangat teratur dan konsisten (pada jam yang sama) agar Anda mendapatkan efek proteksi KB yang optimal.

Baca Juga

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Efek Samping KB Pil

Dijawab oleh:dr. Atika

Pil KB

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

Haid tidak teratur pasca konsumsi pil KB

Dijawab oleh:dr. Nabila Viera Yovita

Habis Lepas Pil KB, Tidak Menstruasi?

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

pil KB

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk