Haid Tidak Teratur Setelah Suntik KB 1 Bulan

Info Penanya, wanita 26 Tahun

sore dok maaf saya mau tanya,,semenjak saya lahiran dan pindah KB dari yang wktu 3 bu lan ke yang waktu 1 bulan,,saya jadi gak teratur haidnya,,seperti sekarang saya haid dari tanggal 9 mei itu darah segar hingga 15 mei dan sehabis itu saya cuman flek hingga sekarang tanggal 22 mei,,apa itu wajar ya dok,,, trimakasih,,,

23 May 2019, 22:30 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya seputar haid dan kb suntik menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda, salah satu efek samping dari KB suntik yang tergolong sebagai KB hormonal adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik tidak mengalami siklus mens. Setiap individu memiliki efek respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Kontrasepsi suntikan yang diberikan dengan injeksi secara intramuskular setiap bulan adalah kontrasepsi suntikan estrogen-progesteron, mengandung 25 mg depo medroxyprogesteron asetat dan 5 mg estradiol cypionat.

Penggunaan KB suntik yang tidak teratur juga memang dapat menyebabkan gangguan pada siklus haid. Bila Anda tidak nyaman dengan penggunaan KB yang saat ini digunakan maka Anda dapat mengganti metode kontrasepsinya. Pergantian kontrasepsi tentu saja dapat dilakukan jika memang diperlukan, misalkan karena efek samping yang kurang dapat diatasi. Hal ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

23 May 2019, 22:30 WIB