trigger finger

Info Penanya, pria 35 Tahun

Hi dokter Jari tangan kiri sy nyeri pd sendinya.yaitu pd telunjuk sendi ke 2 dr kuku hanya bagian samping kiriny sj nyerinya bila di gerakan.kmd jempolny pd sendi pertama dr kuku bag samping kanannya sendiny klo di tekan nyeri kmd pas posisi lurus jempolnya klo ujung jari jempolnya utk menekan sesuatu terasa nyeri pd sendinya spt dipaksa menekuk.sdh sy pijatkan g sembuh.kmd ke dokter tulang di xray jg g ada mslh.kmd diagnosa nya "g ada apa2" cm suru ngurangi pake yg jari nyeri tsb utk aktifitas sehari2 kmd di kasi salep diclofenac diethylamine emugel dan obat meloxicam hasilnya sama saja.kira2 sakit apa ya dok?apa bisa di sembuhkan?hrs berobat dokter spesialis apa?sy sdh cek asam urat normal.yg sakit hanya sendi pd tangan kiri sj.kata dokter tlg yg memeriksa sy bkn saraf krn g ada gejala kesemutan.thx

24 May 2019, 11:41 WIB
dr. M. Dejandra Rasnaya
dijawab oleh: dr. M. Dejandra Rasnaya

Terima kasih telah bertanya tentang keluhan nyeri pada jari tengah menggunakan fitur tanya dokter dari Klikdokter.

 

Kami menduga keluhan anda berasal dari gangguan otot, tulang, saraf atau persendian. Salah satu penyebab nyeri pada jari saat ditekuk adalah trigger finger.

Trigger finger adalah kekakuan tendon atau selubung tendon, suatu kondisi nyeri atau sakit pada jari-jari tangan, jari kaku bila ditekuk atau ketika mau di luruskan.

Kondisi ini mengakibatkan terkuncinya sendi jari pada saat di gerakan dari posisi fleksi (gerakan menekuk) ke arah posisi ekstensi (gerakan meluruskan).

Trigger finger dapat mengenai lebih dari satu jari pada satu waktu, meskipun biasanya lebih sering terjadi pada ibu jari, tengah, atau jari manis. Trigger finger biasanya lebih menonjol di pagi hari.

Insiden terjadi trigger finger lebih sering terjadi pada wanita di usia 40 - 60 tahun dan penderita diabetes melitus atau penyakit rematik.

Inilah penanganan yang dapat Anda lakukan. Silakan klik next untuk melanjutkan.

Jari telunjuk Sakit Saat DitekukPenanganan dilakukan dengan cara :

Istirahat. Jika keluhan ringan, mengistirahatkan jari mungkin dapat mengurangi gejala.

Obat obatan golongan anti inflamasi non steroid (NSAID) dapat membantu mengurangi gejala.

Suntikan steroid. Suntikan dilakukan ke dalam selubung tendo.

Sulit untuk menentukan diagnosis Anda dengan informasi yang terbatas dan tanpa pemeriksaan fisik. Kami sarankan Anda untuk mengunjungi dokter spesialis ortopedi yang lain untuk meminta second opinion dan  agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan sehingga Anda bisa memperoleh terapi yang optimal.

sehubungan dengan hal ini anda juga bisa baca:

penyakit jari nyeri dan bengkak

kebanyakan main hp picu trigger finger

trigger finger

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

24 May 2019, 11:41 WIB