Gusi Bengkak Akibat Gigi Berlubang Besar Langsung Ditambal

Info Penanya, wanita 25 Tahun

Selamat sore dok, saya mau menanyakan perihal gigi saya yang bermasalah. Kemarin sore tanggal 23 Mei 2019 gigi geraham kiri bawah saya ditambal sementara karena berlubang cukup besar. Sudah 2 kali bongkar pasang tambal sementara. Pada saat penambalan kedua, kondisi gigi sudah bengkak, lalu ditambal kedua gusi yang bengkak semakin besar. Kondisi sekarang tambah sakit. Yang ingin saya tanyakan : 1. Menurut dokter apa yang harus saya lakukan sekarang? Apakah menunggu jadwal kontrol selanjutnya di tanggal 30 Mei 2019? 2. Menurut dokter, solusi yang tepat untuk kondisi gigi saya seperti apa? apakah cukup di tambal atau lebih baik dicabut? Terimakasih untuk waktu dan jawabannya.

25 May 2019, 20:34 WIB
drg. Callista Argentina
dijawab oleh: drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya seputar gusi bengkak akibat gigi berlubang besar langsung ditambal sementara melalui fitur Tanya Dokter.

Gigi yang berlubang seharusnya memang dilakukan perawatan penambalan. Namun perlu Anda ketahui gigi yang berlubang dengan kedalaman seperti apa yang bisa langsung ditambal. Apabila gigi berlubang dengan keluhansakit/ngilu bila minum dingin/ manis, masih bisa ditambal langsung. Gigi berlubang dengan keluhan kemasukan makanan sakit, maka tidak bisa ditambal langsung. Yang bisa dilakukan adalah memberi obat dan menambal sementara. Untuk gigi yang berlubang pernah sakit cekot-cekot/nyut-nyutan, mengganggu tidur malam tidak bisa langsung ditambal, melainkan harus dilakukan perawatan saraf. Langkah pertama adalah dengan proses mematikan saraf gigi tersebut.

Untuk kasus gigi anda, kemungkinan lubang gigi sudah sangat dalam, sudah terkena saraf sehingga kalo dilakukan penambalan langsung mengakibatkan bengkak. Untuk memastikannya, lakukan rontgen foto agar terlihat kedalaman lubang giginya. JIka benar memang lubang sudah mengenai kamar saraf, maka saran kami Anda kembali ke dokter gigi Anda agar tambalan tersebut dibuka saja, setelah itu ditutup saja dengan kapas agar gas dalam gigi bisa keluar. Sambil minum obat antibiotic untuk menghilangkan bengkak tersebut. Usahakan untuk mengganti kapasnya setiap habis makan, agar kapas selalu bersih.

Setelah gusi sudah tidak bengkak, maka kami sarankan untuk memulai perawatan saraf pada gigi tersebut. Atau jika sisa gigi sudah sangat sedikit dan tidak mungkin dilakukan perawatan saraf maka setelah bengkaknya hilang dan bisa dilakukan pencabutan.

- Gusi Bengkak Setelah Tambal Gigi, Ini Penyebabnya

Penyebab Gusi Bengkak

- Penyebab Dan Cara Mengobati Gusi Bengkak Bernanah

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gusi bengkak akibat gigi berlubang besar langsung ditambal sementara, semoga bermanfaat.

25 May 2019, 20:34 WIB